Lokasinya Terpencil di Tengah Perkebunan Teh, Warga Dusun Cisoka Sumedang Harapkan Perbaikan Jalan

Akibat kondisi menyulitkan itu, warga mengeluhkan saat hendak berpergian menuju wilayah Sumedang kota, karena khawatir terperosok akibat jalan rusak.

Lokasinya Terpencil di Tengah Perkebunan Teh, Warga Dusun Cisoka Sumedang Harapkan Perbaikan Jalan
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Jalan menuju Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Warga Dusun Cisoka, Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, berharap pemerintah melakukan perbaikan akses jalan di kampung tersebut yang mengalami kerusakan selama bertahun-tahun.

Berjarak 26 kilometer dari pusat Pemerintahan Kabupaten Sumedang, bukan hal yang mudah untuk bisa sampai di Dusun Cisoka, karena terlebih dahulu harus melewati jalan rusak bebatuan tanpa pembatas jalan.

Selain itu, jalan sepanjang 7 kilometer sebelum Dusun Cisoka tersebut tidak dijumpai adanya permukiman warga dan kondisi gelap, terutama pada malam hari, karena sama sekali tidak penerangan jalan umum (PJU).


Berada di tengah kawasan perbukitan kebun teh Margawindu, sebuah kampung di lokasi tertinggi di Desa Citengah, Kecamatan Sumedang Selatan, Kabupaten Sumedang, yang tidak diketahui oleh banyak masyarakat Sumedang lainnya.

Dusun Cisoka adalah desa terakhir sebelum perbatasan antara Kecamatan Sumedang Selatan dengan Kecamatan Cibugel. Untuk bisa mencapai dusun ini terlebih dahulu harus melintasi jalan perbukitan yang terjal.

Akibat kondisi menyulitkan itu, warga mengeluhkan saat hendak berpergian menuju wilayah Sumedang kota, karena khawatir terperosok akibat rusaknya jalan tersebut.

Ketua Rukun Tetangga Dusun Cisoka, Yani, mengatakan, beberapa kali warga dijanjikan oleh pemerintah setempat untuk perbaikan jalan, namun hingga saat ini, wacana tersebut belum direalisasikan.

Hindari Jalan Ini Besok, Ruas Jalan Pasar Atas Akan Ditutup untuk Relokasi Pedagang

"Yang rusak itu dari Desa Citengah sampai Cisoka sepanjang 15 kilometer, kondisinya seperti sungai kering," kata Yani di Dusun Cisoka, Kabupaten Sumedang, Minggu (4/11/2018).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved