Headline Koran Tribun Jabar

Edisi Minggu 28 Oktober 2018, Rumah Tahan Gempa Rp 24 Juta

WARGA Kota Bandung diminta segera mengecek kembali struktur bangunan rumah yang...

Laporan Tim Liputan Tribun Jabar

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Minggu 28 Oktober 2018, menyajikan laporan utama tentang warga Kota Bandung diminta segera mengecek kembali struktur bangunan rumah yang mereka tinggali selama ini.

Pengecekan kembali struktur bangunan ini penting mengingat besarnya potensi gempa yang mungkin terjadi di Kota Bandung.

Berada di jalur Sesar Lembang, Kota Bandung diprediksi bisa berguncang hingga kekuatan 6-7 skala Richter.

Kepala Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, Prof Dr Ir Arief Sabarudin CES, mengatakan, paling tidak, ada dua aspek penting yang harus dicek. Pertama, pemilihan material atau bahan bangunan. Kedua, detail sambungan-sambungan harus betul.

"Pastikan semua material yang berkualitas. Kalau dindingnya dicolek empuk, berarti bangunan tidak aman. Apalagi kalau sudah retak dan terkelupas. Segera lakukan perbaikan dan penguatan," ujar Arief, yang didampingi peneliti Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman Edi Nur, kepada Tribun di ruang kerjanya di Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman di Cileunyi, Kabupaten Bandung, belum lama ini.

Pusat Litbang Perumahan dan Permukiman, kata Arief, sebenarnya sudah memiliki struktur bangunan yang tidak hanya sudah teruji tahan terhadap gempa, tapi juga murah dan sangat cepat proses pembangunannya.

Litbang menyebutnya sebagai risha, akronim dari rumah instan sederhana sehat, yang diluncurkan untuk pertama kalinya pada Desember 2004, seminggu sebelum gelombang tsunami memorakporandakan Aceh.

"Risha itu mereduksi kesalahan-kesalahan tukang bangunan. Masyarakat juga tidak pusing-pusing untuk membangun rumah. Prinsip rumah ini tahan gempa. Bisa saja rusak karena gempa, tapi tidak roboh. Jadi, kalau ada gempa, tidak keluar rumah," ucapnya. (*)

Selengkapnya, baca koran TRIBUN JABAR edisi Minggu 28 Oktober 2018.

Perbaharui Informasi di www.tribunjabar.id.

Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved