Tol Cisumdawu Belum Juga Rampung, Pembebasan Lahan Lagi-lagi Jadi Kendala

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady menilai belum ada progres yang signifikan terkait pembebasan lahan di Tahap I

Tol Cisumdawu Belum Juga Rampung, Pembebasan Lahan Lagi-lagi Jadi Kendala
Tribunjabar/Seli Andina Miranti
Terowongan Tol Cisumdawu 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - DPRD Provinsi Jabar mempertanyakan progres pembebasan lahan dan pembangunan Tol Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu) yang tampaknya menghadapi kendala. Dewan pun mempertanyakan kapan tol tersebut bisa dipakai masyarakat.

Wakil Ketua Komisi IV DPRD Provinsi Jawa Barat Daddy Rohanady menilai belum ada progres yang signifikan terkait pembebasan lahan di Tahap I, baik fase 1 maupun fase 2, Tol Cisumdawu.

"Kami masih menunggu tindak lanjut. Ini sudah hampir sebulan sejak kami berkonsultasi ke Kementerian Dalam Negeri. Saat itu Pak Mendagri menyatakan bahwa lahan di Seksi I (Lahan IPDN di Jatinangor) bisa digunakan," ujar Daddy melalui ponsel, Selasa (23/10).

Seksi I Tol Cisumdawu terbagi menjadi dua fase, yakni fase I (Cileunyi-Rancakalong) dan fase II (Rancakalong-Sumedang).

Seksi I digarap pemerintah pusat, sedangkan Seksi II dikerjakan oleh Badan Usaha Jalan Tol (BUJT). Tol Cisumdawu nantinya akan dioperasionalkan oleh BUJT.

Daddy mengatakan ada pengerjaan di Seksi II fase IV sepanjang 4,05 km.

Fase ini ditargetkan selesai tahun depan.

Di Seksi I pun ada ruas sekitar 6 km yang telah rampung lebih dari setahun lalu. Meskipun demikian, kedua bagian itu tidak mungkin dipergunakan jika pekerjaan di Seksi I tidak selesai secara keseluruhan.

"Saya sangat menyayangkan andai itu benar terjadi. Apa tidak mubazir dan malah rusak nanti pekerjaan-pekerjaan yang sudah menelan biaya begitu besar tersebut," katanya.

Pembebasan lahan, katanya, memang kerap kali menjadi masalah dalam pembangunan infrastruktur berskala besar.

Halaman
123
Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Ravianto
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved