Hoaks 'Berseliweran', Ini Pentingnya Peran Jurnalis dalam Menjaga Kondisi Masyarakat Tetap Kondusif

Jurnalis memiliki peran menting dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.

Hoaks 'Berseliweran', Ini Pentingnya Peran Jurnalis dalam Menjaga Kondisi Masyarakat Tetap Kondusif
Istimewa
AKBP Hartoyo saat meresmikan Sekretariat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumedang-Majalengka (IJTI SuMa), di komplek GIM Lantai 2, Rabu (24/10/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemberitaan yang sifatnya berimbang bisa mencerdaskan masyarakat, sementara berita-berita yang dibuat tanpa keberimbangan dapat membuat situasi di masyarakat menjadi tidak kondusif.

Hal tersebut disampaikan Kapolres Sumedang, AKBP Hartoyo saat meresmikan Sekretariat Ikatan Jurnalis Televisi Indonesia Sumedang-Majalengka (IJTI SuMa), di komplek GIM Lantai 2, Rabu (24/10/2018).

Menurut Kapolres Sumedang tersebut, jurnalis memiliki peran menting dalam menciptakan situasi keamanan dan ketertiban masyarakat (kamtibmas) yang kondusif.


Polres Sumedang sendiri, lanjutnya, sering bekerjasama dengan awak media untuk menyampaikan informasi kepada masyarakat.

Hartoyo mencontohkan, peran media dalam proses Pileg dan Pilpres, terutama menyikapi berita-berita dan informasi hoaks yang beredar di masyarakat.

"Berita yang diterima oleh masyarakat harus utuh, sehingga berita tersebut bisa mencerdaskan masyarakat," ujarnya.

Tak hanya itu, Hartoyo pun berharap adanya sekretariat bari tersebut bisa memudahkan pihaknya bekerjasama dengan IJTI maupun wartawan lain dalam menyebarkan informasi pada masyarakat.

Potret Tia Septiana, Anak Perempuan Mandra yang Berparas Cantik

"Mudah-mudahan jadi tempat bersilaturahmi antara teman-teman IJTI sendiri, maupun dengan Polres Sumedang," ujarnya.

 Sementara itu, Ketua IJTU SuMa, Beben HVA berharap dengan peresmian sekretariat ini bisa dmanfaatkan anggotanya dengan baik.

"Mudah-mudahan kami bisa lebih memberikan edukasi kepada masyarakat, apa lagi sekarang tahun politik, banyak pemberitaan yang tidak bertanggung jawab," ujarnya.

Sudah Ada Flyover Padasuka, Warga Lebih Pilih Lintasi Perlintasan Kereta Api Ilegal

Penulis: Seli Andina Miranti
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved