Sepenuh Hati Berupaya Lestarikan Karinding, Abah Olot Raih Sejumlah Penghargaan

Dari pepatah orangtuanya dahulu, kata Abah Olot, melalui kesenian, perilaku manusiawi yang amoral, lambat laun akan berubah.

Sepenuh Hati Berupaya Lestarikan Karinding, Abah Olot Raih Sejumlah Penghargaan
tribunjabar/hakim baihaqi
Abah Olot 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sejumlah penghargaan, pernah diraih oleh Endang Sugriwa atau Abah Olot, warga Kampung Manabaya, Desa Sindangpakuwon, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, sebagai salah satu tokoh pelestari alat musik sunda buhun, yaitu karinding.

Beberapa penghargaan yang diraih oleh Abah Olot ini di antaranya, penghargaan dari Kementerian Pendidikan Kebudayaan (Kemendikbud), Kementrian Pendidikan Dalam Negeri (Kemendagri), Dinas Pariwisita dan Kebudayaan (Disparbud) Jawa Barat, Pemerintah Kabupaten Sumedang, dan Institut Seni Budaya Indonesia (ISBI).

Abah Olot mengatakan, penghargaan ini adalah sebuah bonus dari upayanya melestarikan alat musik karinding, yang dianggap telah punah dan kembali dikenalkan oleh ia pada 2004 dan mendapatkan respon dari masyarakat Jawa Barat.


"Menjadi sebuah informasi juga bagi masyarakat, kalau karinding itu benar-benar ada sampai sekarang," kata Abah Olot saat ditemui di Kampung Manabaya, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, Senin (22/10/2018).

Dari beberapa penghargaan yang telah diraih, penghargaan paling berkesan menurutnya adalah, penghargaan dari Kementrian Dalam Negeri, sebagai pelestari budaya asli daerah Jawa Barat.

Abah Olot bercerita, Sebelum mendapatkan penghargaan itu, ia dijemput oleh beberapa orang yang mengaku dari Kemendagri untuk bertemu Mendagri, Tjahjo Kumolo di Kawasan Dago, Kota Bandung.

Setelah bertemu Tjahjo Kumolo, ia minta untuk bertanggung jawab, lantaran, banyak golongan muda di Jawa Barat yang mengenakan baju adat dan iket sunda, sambil memainkan karinding.

Merasa Takut, Jamal Khashoggi Sempat Menolak Tawaran Putra Mahkota Saudi Sebelum Dibunuh

"Saya ditanya, kamu sudah menyebarkan paham apa ? sampai-sampai anak muda itu berubah penampilan," kata Abah Olot.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved