Pilpres 2019

Jokowi Berpesan pada Para Santri Agar Tak Mudah Percaya Berita di Media Sosial

Di atas panggung, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan, sekaligus berpesan kepada para santri agar tak terpancing isu hoaks.

Jokowi Berpesan pada Para Santri Agar Tak Mudah Percaya Berita di Media Sosial
Tribunwow
Jokowi Tertawa 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Presiden Jokowi hadir secara langsung di acara puncak peringatan Hari Santri Nasional di Lapangan Gasibu, Bandung, Minggu (21/10/2018).

Di atas panggung, Presiden Jokowi menyampaikan sambutan, sekaligus berpesan kepada para santri agar tak terpancing isu hoaks.

Presiden Jokowi ingin para santri tidak bertikai walau beda pilihan, baik di pemilihan bupati, pemilihan gubernur, atau, pemilihan presiden.

"Ini pesta demokrasi, Pilpres, ada A, ada B, ada C, silakan ini pilihan politik, jangan sampai sesama Muslim saling fitnah, saling menjelekan," ujarnya.

Ia juga meminta para santri tidak termakan isu hoaks yang tersebar di media sosial.

"Saya titip, jangan percaya hoaks, berita yang ada di media sosial hati-hati kalau sudah menjelang tahun politik, banyak beredar kabar bohong, fitnah, yang di media sosial, hati-hati, tolong disaring, apakah benar atau tidak," ujarnya.

Selain itu, ia juga menceritakan latar belakang penetapan Hari Santri Nasional pada tahun 2016.

Peringatan Hari Santri Nasional, kata Presiden Jokowi, adalah bentuk apresiasi kepada para alim ulama, kyiai, dan santri yang berjasa pada masa perjuangan kemerdekaan.

Ia juga mengatakan bahwa tugas santri adalah menjadi figur yang religius dan memiliki rasa nasionalisme tinggi.

Presiden Jokowi juga menyebut santri wajib menjaga kerukunan di Indonesia yang terdiri lebih dari 700 suku dan 100 bahasa.

"Kita patut berayukur bahwa bangsa Indonesia dipandu tradisi santri yang kuat dan tradisi penghormatan pada sesama," ujarnya.

Setelah menyampaikan sambutan, seperti biasanya Presiden Jokowi memberikan kuis pada beberapa orang.

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved