Satu Tahun Ajay M Priatna Sebagai Wali Kota Cimahi, Kebudayaan dan Pariwisata Dikembangkan

Salah satu kinerja Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna selama satu tahun ini telah berupaya meningkatkan bidang Kebudayaan dan Pariwisata. . .

Satu Tahun Ajay M Priatna Sebagai Wali Kota Cimahi, Kebudayaan dan Pariwisata Dikembangkan
ISTIMEWA
Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Salah satu kinerja Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatna selama satu tahun ini telah berupaya meningkatkan bidang Kebudayaan dan Pariwisata Kota Cimahi yang sesuai dengan Visi Misinya yakni Cimahi Baru, Maju, Agamis dan Berbudaya.

Dalam bidang Kebudayaan, selama satu tahun ini, Ajay terus mengembangkan potensi para seniman yang ada di Kota Cimahi dengan mengadakan event tingkat kota seperti Pasanggiri, Teater, Karawitan dan Padalangan. Event tersebut untuk mengapresiasi karya mereka dan sebagai tolak ukur bahwa seni mereka telah teruji dalam Pasanggiri.

Sementara untuk event tingkat provinsi, Pemerintah Kota Cimahi kerap mengadakan Pasanggiri Upacara Adat Mapag Panganten. Tujuannya untuk memotivasi para seniman di Kota Cimahi, sebab seniman di kabupaten/kot di Jawa Barat memiliki banyak kreasi dalam Pasanggiri Upacara Adat Mapag Panganten tersebut.

Menurut Kepala Bidang Pariwisata Dinas Kebudayaan, Pariwisata dan Olahraga (Disbudparpora) Kota Cimahi, Ero Kusnadi, event-event yang sudah digelar selama satu ini sebagai bentuk pembinaan untuk para seniman agar karya mereka bisa dirasakan dan dinikmati oleh masyarakat Kota Cimahi.

"Event-event itu semua kita laksanakan untuk apresiasi juga, motivasi dan sebagai pengukuran diri terhadap para seniman. Untuk kedepan seniman yang terlibat seni budaya bisa menopang pariwisata yang ada di Kota Cimahi, ujarnya kepada Tribun saat ditemui di Pemkot Cimahi (18/10).

Hal tersebut kata Ero, karena bidang pariwisata di Kota Cimahi perlu mendapat sentuhan dari para seniman, khususnya di tempat-tempat wisata yang nantinya akan diadakan oleh Pemerintah Kota Cimahi, sehingga harus ada kolaborasi antara Pariwisata dan Kebudayaan.

"Itu untuk mendukung visi misi kepemimpinan yang sekarang (Ajay M Priatana). Makanya perilaku seniman-seniman kita bina agar sesuai dengan adat budaya sunda untuk melestarikan budaya kita," katanya.

Selama kepimpinan Ajay, lanjutnya, Pemerintah Kota Cimahi, menargetkan memiliki rumah seni untuk terus mengembangkan potensi seniman seni budaya yang ada Kota Cimahi sesuai program wali dan waki Wali Kota Cimahi, Ajay M Priatana-Ngatiyana.

Hal tersebut, kata Ero, agat aktivitas para seniman tersebut terkendali, terapresiasi, terbina pada tempat yang jelas. Untuk saat ini para seniman tersebut masih tersebar di setiap sanggar dan komunitasnya.

Lahirkan Wisata Heritage, Kembangkan Budaya Kampung Adat Cireundeu

Halaman
1234
Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved