Warga Berharap Pemerintah Bisa Tertibkan Penghambat di Trotoar Jalan Raya Bandung-Garut

Trotoar di Jalan Raya Bandung-Garut, seringkali dilintasi oleh para pengendara roda dua, terutama pada waktu pagi hingga sore hari

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Sebagian pejalan kaki berharap kepada Pemerintah Kabupaten Sumedang agar dapat menertibkan keberadaan pedagang kaki lima (PKL) dan sarana parkir liar di trotoar Jalan Raya Bandung-Garut, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang.

Berdasarkan pantuan Tribun Jabar, Kamis (18/10/2018), trotoar yang tidak berfungsi dengan baik itu, jarang digunakan oleh para pejalan kaki, lantaran, keberadaan PKL dan tempat parkir liar menutupi seluruh bagian trotoar.

Selain itu, trotoar di Jalan Raya Bandung-Garut ini pun, seringkali dilintasi oleh para pengendara roda dua, terutama pada waktu pagi hingga sore hari, hal tersebut tak jarang membuat geram para pejalan kaki.


"Siapa yang tidak kesal, itu kan fasilitas buat pejalan kaki, bukan buat tukang dagang atau parkir," kata Jayusman, seorang pejalan kaki di Jalan Raya Bandung - Garut, Kamis (18/10/2018).

Adanya penghalang di trotoar pejalan kaki, kata Jayusman, membuat ia terpaksa berjalan di bahu jalan yang beresiko mengalami kecelakaan tertubruk oleh kendaraan bermotor.

"Titik jalan itu pokoknya sudah tidak nyaman dilewati, selain parkir liar dan PKL, angkutan kota (angkot) juga ngetem sembarangan di dekat trotoar," kata Jayusman.

Ia berharap pemerintah setempat dapat menyelesaikan permasalahan tersebut, sehingga dapat mengembalikan kembali fungsi trotoar sebagai sarana untuk pejalan kaki.

"Pemerintah harus tegas, jangan sampai dibiarkan," katanya.

Seorang pejalan kaki lainnya, Rian Ahmad (34), mengatakan, didekat trotoar tersebut, merupakan deretan toko produk dan jasa, yang mempergunakan fasilitas trotoar sebagai area tempat parkir.

"Contoh aja, itu ada bank, nasabah dan pegawai bank, pasti memarkirkan kendaraanya di trotoar," katanya.

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved