Terkait Galian Pasir di Cimanggung, Camat Mengaku Belum Pernah Berkomunikasi dengan Pengusahanya

Pemerintah Kecamatan Cimanggung mengaku belum pernah berkomunikasi dengan pihak pengusaha terkait adanya aktivitas galian pasir di wilayahnya.

Terkait Galian Pasir di Cimanggung, Camat Mengaku Belum Pernah Berkomunikasi dengan Pengusahanya
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Akses jalan menuju lokasi galian di Kampung Cicabe, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Pemerintah Kecamatan Cimanggung mengaku belum pernah berkomunikasi dengan pihak pengusaha terkait adanya aktivitas galian pasir sejak setahun terakhir ini di Kampung Cicabe, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang

Camat Cimanggung, Herry Harjadinata, mengatakan, selain belum berkomunikasi perihal aktivitas galian pasir, pihaknya pun tidak belum mengetahui perusahaan mana yang melakukan eksploitasi di sekitar permukiman penduduk.

"Kami belum tahu semuanya, izin melakukan galian juga tidak tahu," kata Herry melalui sambungan telepon, Rabu (17/10/2018).


Terkait aktivitas galian yang dikeluhkan oleh warga, Herry mengimbau untuk langsung mendatangi pihak perusahaan dan berkomunikasi langsung dan menyampaikan aspirasi keberatan sehubungan dengan aktivitas tersebut.

"Bila benar menolak, langsung datang ke pihak pengusaha," katanya.

Sebelumnya, warga Kampung Cicabe, Desa Sindanggalih, Kecamatan Cimanggung, Kabupaten Sumedang, mengeluhkan adanya aktivitas penambangan pasir di sekitar permukiman penduduk sejak setahun terakhir.

Akibat adanya aktivitas galian tersebut, beberapa jalan di kampung Cicabe mulai mengalami kerusakan, belum lagi, debu dari lokasi galian kerap terbawa angin dan membuat sesak nafas, terutama pada waktu siang hari.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Senin (15/10/2018), lokasi galian berjarak 100 meter dari permukiman penduduk, saat di lokasi galian, sama sekali tidak terlihat adanya aktivitas dan hanya terparkir beberapa alat berat saja di samping lokasi galian.

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved