Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Tabrakan

Karena secara tampilan luar, mobil yang pernah tabrakan tersebut bisa jadi terlihat mulus karena sudah direparasi dan di cat ulang.

Ingin Beli Mobil Bekas? Ini Cara Mengetahui Mobil yang Pernah Tabrakan
TRIBUN JABAR/DOKUMENTASI
Sejumlah mobil bekas yang akan dijual dalam Bursa Mobil Tribun Gerung-Gerung berjejer di area parkir Miko Mall, Jalan Kopo, Kota Bandung, Minggu (29/12/2013). Mulai 29 Desember 2013, bursa mobil bekas yang dikelola Tribun Jabar setiap hari Minggu yang sebelumnya berlokasi di Stadion Persib pindah ke lokasi ini. Khusus peserta untuk 100 pendaftar pertama tidak dikenakan biaya parkir (gratis). (TRIBUN JABAR/GANI KURNIAWAN) 

TRIBUNJABAR.ID - Saat berburu mobil bekas, tentunya Anda tidak mau tertipu untuk membeli mobil yang ternyata pernah mengalami tabrakan.

Bukan tak mungkin pemilik sebelumnya menutupi fakta tersebut agar mobil miliknya cepat laku terjual.

Karena secara tampilan luar, mobil yang pernah tabrakan tersebut bisa jadi terlihat mulus karena sudah direparasi dan di cat ulang.

Salah satu jurus jitu dari Otoseken untuk melihat bahwa mobkasyang akan dipinang berstatus bekas tabrakan adalah dengan melihat beberapa posisi pelat yang sudah terlihat berkarat.

“Bisa dimulai dari pelat ujung kap mesin hingga dudukan radiator,” jelas Septa Dian Wahyudi, Service Advisor Tunas Daihatsu yang berlokasi di Jl. Mampang Prapatan No.95, Jakarta Selatan.

Jangan lupa buka kap mesin dan periksa jika ada karat yang muncul
Banjarmasin Post
Jangan lupa buka kap mesin dan periksa jika ada karat yang muncul

Menurutnya, biasanya sehabis diketok atau diakali tidak ditambah dengan lapisan antikarat. Sehingga bisa terlihat lapisan itu terjadi korosi.

Selain itu bisa juga posisi komponen antar kanan dan kiri terjadi keganjilan.

Semisal untuk bagian kiri ada komponen yang berkarat, sedangkan bagian kanan tidak. Bisa saja itu mobil bekas mengalami kecelakaan di bagian kiri.

Jadi kalau sudah kepincut dengan salah satu mobil bekas idaman Anda, jangan lupa untuk membuka kap mesin dan melihat dengan teliti.

Jika ada karat, bisa jadi mobil tersebut ternyata sudah pernah tabrakan sebelumnya.

Editor: Ravianto
Sumber: Grid.ID
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved