Air Bersih Kian Sulit Didapat, Warga Menduga Imbas Maraknya Pembangunan Gedung Komersil

Hingga pertengahan Oktober 2018, kata Atang, hujan tak kunjung turun, sehingga semakin mengalami kesulitan mendapatkan air bersih

Air Bersih Kian Sulit Didapat, Warga Menduga Imbas Maraknya Pembangunan Gedung Komersil
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Atang Supriadi (70), warga Desa Jatiroke di Sungai Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, tengah mengambil air Sungai Cikeruh untuk kebutuhan sehari - sehari, Selasa (16/10/2018), Hal tersebut imbas kemarau panjang. 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, SUMEDANG - Warga Desa Jatiroke, Kecamatan Jatinangor, Kabupaten Sumedang, menduga, kesulitan mendapatkan pasokan air bersih dikarenakan maraknya pembangunan gedung komersial di sekitar kawasan pendidikan Jatinangor.

Sebelum 2010, wilayah Jatinangor, masih belum marak pembangunan gedung komersil dan kondisi Sungai Cikeruh masih menyisakkan banyak air bagi warga Desa Jatiroke.

Pada masa itu pun, untuk mendapatkan pasokan bersih, warga cukup mendapatkannya langsung di setiap sumur dan tidak khawatir mendapatkan air berkualitas buruk meski memasuki musim kemarau sekali pun.


Namun, di musim kemarau saat ini saja, warga mengaku mengalami kesulitan mendapatkan pasokan air bersih, karena setiap kemarau datang, sumur milik warga pun surut dan tidak bisa dimanfaatkan untuk kebutuhan sehari-hari.

"Di kemarau tahun ini saja, saya memanfaatkan air Sungai untuk mandi dan mencuci. Habis air sumur tidak bisa digunakan, sisa lumpur saja," kata Atang Supriadi (70), warga Desa Jatiroke di Sungai Cikeruh, Kecamatan Jatinangor, Selasa (16/10/2018).

Hingga pertengahan Oktober 2018, kata Atang, hujan tak kunjung turun, sehingga semakin mengalami kesulitan mendapatkan air bersih untuk berbagai kebutuhan.

"Suka bingung juga, daerah dataran tinggi itu kan harusnya banyak air, kenapa di sini tidak," kata Atang.

10 Pejabat Pemkab Bekasi Ditangkap KPK, Sekda Jabar Minta Pelayanan Tetap Berjalan

Wilayah Jatinangor yang diberada di bagian barat Kabupaten Sumedang, diketahui termasuk ke dalam wilayah cekungan Bandung dan berbatasan langsung dengan Kawasan Bandung Utara (KBU).

Halaman
12
Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved