Munas ISMI Hasilkan Resolusi Bandung, Soroti Produk Halal

"Dalam resolusi Bandung ini, para Saudagar Muslim membuat berbagai butir butir rekomendasi dan kesepakatan yang akan dijalankan bersama,"

Munas ISMI Hasilkan Resolusi Bandung, Soroti Produk Halal
Tribunjabar/Siti Fatimah
Munas ISMI 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Siti Fatimah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG -  Penyelenggaraan Musyawarah Nasional (Munas) Ikatan Saudagar Muslim se-Indonesia (ISMI) ke-2 di Hotel Grand Asrilia Bandung pada 12 – 13 Oktober 2018, telah rampung.

Munas ISMI ini diikuti oleh ratusan peserta dari empat Ormas Islam, antara lain Nahdlatul Ulama (NU), Muhammadiyah, Majelis Ulama Indonesia (MUI), serta Ikatan Cendekiawan Muslim Indonesia (ICMI).

Tema besar yang diangkat “Menggalang Potensi dan Ukhuwah Saudagar Muslim Dalam Memperkuat UKM di Era Digital”, telah banyak menjadi pembahasan di dalam berbagai forum Munas ISMI selama dua hari ini.

Ika Mankom Berikan Wawasan Dunia Kerja dari Alumni untuk Mahasiswa Unpad

Syafrudin Anhar, Sekjen ISMI Pusat mengatakan, setelah berbagai Rapat Pleno Forum Bisnis maupun Rapat Pleno Penyampaian Laporan Pertanggung Jawaban oleh Pengurus Pusat ISMI Periode 2013 – 2018, penyusunan berbagai Rekomendasi, Munas ISMI ke-2 ini menghasilkan kesepakatan bersama yang disebut sebagai Resolusi Bandung.

"Dalam resolusi Bandung ini, para Saudagar Muslim membuat berbagai butir butir rekomendasi dan kesepakatan yang akan dijalankan bersama," katanya disela acara penutupan di Asrila Hotel Bandung, Sabtu (13/10/2018).


Menurutnya, ada beberapa Rekomendasi dari Munas ISMI ke-2 pada 2018 ini. Pertama, ISMI akan selalu memfasilitasi gerakan aksi ekonomi saudagar yang berkesinambungan, antara lain Mentoring Bisnis dan penyelenggaraan Business Fair.

Kedua, yaitu mendorong dan memfasilitasi Peran Saudagar dalam mengatasi kesenjangan ekonomi. Ketiga, yaitu mendorong keberdayaan pengusaha muslim di era digital.

Keempat, ISMI merekomendasikan kepada pemerintah untuk melindungi dan mengembangkan fungsi koperasi simpan pinjam. Kelima, ISMI memberikan perhatian khusus kepada sektor pertanian, kelautan, perikanan, peternakan, teknologi, dan sumber daya manusia.

Selain berbagai rekomendasi tersebut, katanya, Munas ISMI ke-2 ini melahirkan apa yang disebut sebagai enam butir Resolusi Bandung. Pertama, para saudagar muslim akan selalu menjalin dan mengutamakan persatuan dan kesatuan antar pengusaha muslim di atas kepentingan pribadi dan kelompok.


Kedua, yaitu memperjuangkan sistem perekonomian nasional yang adil dan merata, serta berpartisipasi mengatasi kesenjangan ekonomi. Ketiga, yaitu menyiapkan Sumberdaya Manusia dan Bisnis yang mengedepankan Teknosa (Teknologi, Inovasi dan Kewirausahaan).

Keempat, yaitu mengoptimalkan potensi dan manfaat Sumberdaya Alam secara proporsional dan berkelanjutan. Kelima, yaitu memperkuat dan meningkatkan peran Koperasi dan UKM dalam perekonomian nasional, serta akan bertekad menjadi leading sektor produk-produk halal. Keenam, yaitu memperkuat UKM Indonesia yang berdaya saing tinggi guna menembus pasar global di era digital.

Penulis: Siti Fatimah
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help