Sofian Nataprawira Mau Pensiun, Segera Dibuka Seleksi Calon Sekda Kabupaten Bandung

"Kalau sudah ada rekomendasi hasil konsultasi, kami akan segera membentuk tim seleksi dan mengumumkan penerimaan calon

Sofian Nataprawira Mau Pensiun, Segera Dibuka Seleksi Calon Sekda Kabupaten Bandung
dok.tribun
Sekda Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira, di Masjid Al Fathu, Soreang, Kabupaten Bandung 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Penjaringan jabatan sekretaris daerah (Sekda) Kabupaten Bandung memasuki tahapan persiapan. Badan Kepegawaian Pendidikan dan Pelatihan (BKPP) Kabupaten Bandung sedang melakukan konsultasi dengan Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Barat dan Komisi Aparatur Sipil Negara (ASN).

Kepala BKPP Kabupaten Bandung, Erik Juriara melalui Kabid Pengembangan Karier, Teguh Purwadi mengatakan, Sofian Nataprawira yang saat ini menjabat sebagai sekda akan memasuki masa pensiun. Meski demikian, tahapan penjaringan calon sekda Kabupaten Bandung ini belum juga dimulai.

Lawan Persipura Jayapura, Tantan Yakin Persib Bandung Main Lebih Baik Dari Laga Lawan Madura United

"Belum dimulai penjaringan, baru melakukan konsultasi dengan Komisi ASN dan BKD Jabar karena sekda yang sekarang menjabat akan memasuki masa pensiun," jelas Teguh Purwadi saat dihubungi melalui telepon seluler, Kamis (11/10/2018).

Menurutnya, untuk tahapan penjaringan akan dilakukan secara terbuka sesuai aturan yang termuat dan tersirat di Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN dan Peraturan Pemerintah Nomor 11 Tahun 2017 tentang Manajemen PNS.


"Kalau sudah ada rekomendasi hasil konsultasi, kami akan segera membentuk tim seleksi dan mengumumkan penerimaan calon ke publik (terbuka)," kata Teguh.

Saat ini pemerintah pusat, lanjut Teguh, dalam penjaringan calon sekda sudah mengeluarkan sistem jabatan pimpinan tinggi (Sijapti), oleh Komisi ASN. Maka dengan hal tersebut seleksi sekda akan dilaksanakan secara terbuka/open biding.

"Dengan begitu, pelamar calon sekda Kabupaten Bandung nantinya bisa dari Kabupaten Bandung bahkan dari luar kabupaten," ujarnya.


Teguh menambahkan walau jabatan sekda masih diisi, pihaknya terus melakukan konsultasi dan koordinasi untuk meminta izin melakukan open biding kepada BKD dan Komisi ASN.

Oleh sebab itu sampai saat ini belum ada satu orangpun yang melakukan pendaftaran. Karena, tahapan penjaringannya belum dimulai.

"Belum ada yang daftar, karena masih tahap konsultasi. Tim seleksi belum terbentuk, dan pengumuman juga belum dilakukan," katanya.

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help