Pemilihan Rektor Unpad

Sikapi Pemilihan Rektor Unpad, Menristekdikti Pastikan Akan Segera Lakukan Evaluasi

Menanggapi kegaduhan yang terjadi dalam pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Menristekdikti Mohamad Nasir . . .

Sikapi Pemilihan Rektor Unpad, Menristekdikti Pastikan Akan Segera Lakukan Evaluasi
Tribun Jabar/Resi Siti Jubaedah
Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia, Mohamad Nasir di Gedung Labtek X No. 12, Jalan Ganesha, Bandung, Kamis (11/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Resi Siti Jubaedah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menanggapi kegaduhan yang terjadi dalam pemilihan Rektor Universitas Padjadjaran (Unpad), Menteri Riset, Teknologi, dan Pendidikan Tinggi Republik Indonesia (Menristekdikti) Mohamad Nasir, mengatakan pihaknya akan mengevaluasi proses pemilihan tersebut.

"Pemilihan rektor itu harus kita evaluasi dulu sebelum proses pemilihan dilakukan. Kementerian tentu akan cek proses pemilihan tiga besar (calon rektor) ini, apakah sudah mengikuti proses yang benar atau belum," ujar Mohamad Nasir pada acara peresmian Industri-Katalis Pendidikan Teknik Kimia di ITB di Gedung Labtek X No. 12, Jalan Ganesha, Bandung, Kamis (11/10/2018).

Gempa Palu dan Donggala, Masa Pencarian Korban Diperpanjang

Inul Daratista Ngaku Rhoma Irama Ogah Sepanggung dan Satu TV, dengan Ridho Rhoma Pun Dia Dipulangkan

Evaluasi tersebut sesuai dengan kewenangan Kemenristekdikti yang diatur dalam Permenristekdikti Nomor 19 Tahun 2017 tentang Pengangkatan dan Pemberhentian Pemimpin Perguruan Tinggi Negeri.

Disebutkan pula bahwa persentase penggunaan hak suara kementerian untuk pemilihan rektor tetap sebesar 35 persen.

Selain itu, Menristekdikti sejalan dengan aturan tersebut, juga harus mengawasi pemilihan tiga rektor itu sudah mengikuti proses yang benar ataukah belum.

Kementerian juga akan menelusuri rekam jejak calon rektor dengan berkoordinasi dengan PPATK dan lembaga/instansi pemerintah lainnya seperti KPK, lalu ASN, dan berikutnya BN-PT untuk mengetahui terpapar masalah radikalisme atau tidak.

Menristekdikti Perbolehkan Ajuan Keluhan Terkait Tiga Calon Rektor Unpad, Asal Sesuai Prosedur

Untuk diketahui, setelah menjaring delapan kandidat bakal calon rektor, Majelis Wali Amanat Univeritas Padjadjaran (MWA Unpad) telah memilih dan menetapkan tiga calon Rektor Unpad periode 2019-2024.

Ini berdasarkan rapat pleno yang digelar di Sekretariat MWA Unpad di Jalan Hayam Wuruk No 14, Kota Bandung, Sabtu (15/9/2018).

Dikutip dari laman Unpad, unpad.ac.id, ketiga calon rektor itu adalah Aldrin Herwany (Fakultas Ekonomi dan Bisnis), Atip Latipulhayat (Fakultas Hukum), dan Obsatar Sinaga (Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik).

Tiga calon rektor ini dipilih setelah mengikuti rangkaian seleksi, mulai dari seleksi adminitratif, tes kesehatan dari RSUP Hasan Sadikin, dan uji kompetensi dari Biro Pelayanan dan Inovasi Fakultas Psikologi Universitas Padjadjaran.

Penulis: Resi Siti Jubaedah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help