Headline Koran Tribun Jabar

Sepuluh Kecamatan Bisa Tenggelam, Kota Bandung Rawan Likuifaksi [VIDEO TEASER]

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Jumat 12 Oktober 2018 menyajikan laporan utama tentang, fenomena...

Laporan Tim Liputan TRIBUN JABAR

HEADLINE koran TRIBUN JABAR edisi Jumat 12 Oktober 2018 menyajikan laporan utama tentang, fenomena pencairan tanah atau likuifaksi yang mengubur ribuan rumah di Petobo, Palu, saat gempa besar melanda kawasan itu, akhir September lalu, ternyata juga berpotensi terjadi di Kota Bandung.

Informasi yang sudah "terkubur" selama 18 tahun ini akhirnya dipublikasikan Pemkot Bandung, di Balai Kota, Kamis (11/10/2018).

Ada 10 kecamatan yang dinyatakan rawan.

Kepala Sub-Bidang Perencanaan Tata Ruang dan Lingkungan Hidup Badan Perencanaan Pembangunan Penelitian dan Pengembangan (Bappelitbang) Kota Bandung, Andry Heru Santoso, mengatakan kesepuluh kecamatan yang rawan terkena likuifaksi ini tersebar dari selatan hingga timur Bandung.

Sepuluh kecamatan itu, kata Andry, adalah Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Astanaanyar, Regol, Lengkong, Bandung Kidul, Kiaracondong, dan Antapani.

Andry mengatakan, ancaman likuifaksi di 10 kecamatan di Kota Bandung ini diketahui dari hasil penelitian yang dilakukan Pemkot Bandung bekerja sama dengan ITB dan United Nation tahun 1990-2000.

Andry berharap publikasi hasil penelitian ini dapat membuat warga semakin waspada. "Dengan demikian, jumlah korban bisa diminimalisasi," katanya. (*)

Bagaimana pendapat DR Eng Imam Achmad Sadisun, ahli geologi dari Kelompok Keahlian Geologi Terapan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB perihal likuifaksi yang memang berpotensi terjadi terutama di daerah-daerah yang tersusun atas endapan danau purba Bandung?

Selengkapnya, baca koran TRIBUN JABAR edisi Jumat 12 Oktober 2018.

Perbaharui informasi di www.tribunjabar.id.

Penulis: Tiah SM
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help