Ini Kata Ahli Geologi ITB tentang Potensi Likuifaksi di 10 Kecamatan di Bandung jika Terjadi Gempa

Imam menjelaskan, fenomena likuifaksi secara sederhana dapat diartikan sebagai perubahan material yang padat,

Ini Kata Ahli Geologi ITB tentang Potensi Likuifaksi di 10 Kecamatan di Bandung jika Terjadi Gempa
tribunnews.com
Kerusakan akibat fenomena likuifaksi gempa Palu 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Jika gempa mengguncang Kota Bandung, sedikitnya sepuluh kecamatan di Kota Kembang tanahnya berpotensi ambles atau terjadi likuifaksi seperti di Palu.

Kasubid 1 Perencanaan Infrastruktur dan Pengembangan Wilayah Bappelitbang Kota Bandung, Andry Heru Santoso mengatakan, hasil itu didapat berdasarkan penelitian antara Pemkot Bandung, ITB, dan United Nation yang dilakukan pada tahun 1990-2000.

Sepuluh kecamatan tersebut adalah Bandung Kulon, Babakan Ciparay, Bojongloa Kaler, Bojongloa Kidul, Astanaanyar, Regol, Lengkong, Bandung Kidul, Kiaracondong, dan Antapani.

Jelang Persib Bandung Lawan Persipura Jayapura, Jonathan Bauman Ungkap Soal Perasaannya

Menanggapi hal itu, Ahli Geologi, Dr Eng Imam Achmad Sadisun dari Kelompok Keahlian Geologi Terapan, Fakultas Ilmu dan Teknologi Kebumian ITB mengatakan, likuifaksi memang berpotensi terjadi terutama di daerah-daerah yang tersusun atas endapan danau purba Bandung.

Kendati demikian, dia belum dapat menjelaskan secara detil dan lebih dalam lantaran memang belum meneliti secara detil untuk potensi likuifaksi di wilayah Bandung.


"Saya enggak pernah meneliti secara detil. Tapi, penelitian (kerjasama Pemkot Bandung) itu bisa saja masih relevan karena geologi enggak berubah, geologi umurnya ratusan tahun, jutaan tahun. Masih relevan, hanya saja ilmu itu kan berkembang. Artinya, analisis yang dia pakai untuk menghitung, memilah-milah yang berpotensi, apakah sudah memakai metode terbaru misalnya. Tapi kalau batu dan endapan tanahnya tetap," ujarnya saat dihubungi Tribun Jabar melalui sambungan telepon, Kamis (11/10/2018).

Imam menjelaskan, fenomena likuifaksi secara sederhana dapat diartikan sebagai perubahan material yang padat, kemudian material tersebut seakan berubah karakternya seperti cairan.

Material padat dapat diartikan berupa endapan sedimen atau tanah sedimen.

Halaman
123
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Ichsan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help