Gempa Situbondo, Puluhan Rumah Rusak, Mulai Tembok Retak Sampai Atap Ambruk

Akibat gempa bermagnitudo 6,3 yang berpusat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari mengakibatkan sejumlah rumah rusak

Gempa Situbondo, Puluhan Rumah Rusak, Mulai Tembok Retak Sampai Atap Ambruk
Twitter/@infoBMKG
Berdasarkan hasil monitoring Badan Meteorologi Klimatologi dan Geotisika (BMKG) sudah terjadi satu kali gempa susulan (aftershock) dengan magnitudo M=3,4 di Situbondo, Jawa Timur. 

TRIBUNJABAR.ID, JEMBER - Akibat gempa bermagnitudo 6,3 yang berpusat di Kabupaten Situbondo, Jawa Timur, Kamis (11/10/2018) dini hari sekitar pukul 01.45 WIB, puluhan rumah di Kabupaten Jember, rusak.

Dari data yang dihimpun Kepolisian Resort (Polres) Jember, sebanyak 23 rumah milik penduduk dan satu mushalla rusak. Puluhan rumah itu tersebar di lima kecamatan.

"Paling banyak ada di wilayah kecamatan kota, yakni di Kecamatan Kaliwates sebanyak 11 rumah rusak dan 1 mushala," ungkap Kapolres Jember, AKBP Kusworo Wibowo kepada Kompas.com, Kamis. Untuk kerusakan rumah yang dialami warga, lanjut Kusworo, cukup bervariatif.

BNPB Akan Gunakan Helikopter Mi-8 untuk Padamkan Kebakaran Gunung Ciremai Kuningan

"Ada temboknya yang retak, atap rumahnya ambruk, bahkan ada juga yang tembok rumahnya ambruk," tambahnya.

Adapun wilayah yang terdampak di antaranya, Kecamatan Kaliwates, Mumbulsari, Sukorambi, Tempurejo, dan Arjasa. "Kita sudah menerjunkan 120 personel untuk kerja bakti membantu warga yang menjadi korban gempa itu," pungkasnya.

Lawan Persipura Jayapura, Tantan Yakin Persib Bandung Main Lebih Baik Dari Laga Lawan Madura United

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Gempa Situbondo, Puluhan Rumah di Jember Rusak"

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help