Tumbuhkan Kualitas SDM Pelaku MICE, Asperapi DPD Jabar Gelar Uji Kompetensi

Asperapi DPD Jawa Barat kembali menggelar sertifikasi uji kompetensi untuk bidang MICE . .

Tumbuhkan Kualitas SDM Pelaku MICE, Asperapi DPD Jabar Gelar Uji Kompetensi
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (Asperapi) DPD Jawa Barat kembali menggelar sertifikasi uji kompetensi untuk bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) bagi anggotanya di sebuah hotel kawasan Bandung Utara, Selasa dan Rabu (9-10/10/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (Asperapi) DPD Jawa Barat kembali menggelar sertifikasi uji kompetensi untuk bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) bagi anggotanya.

Bekerja sama dengan Lembaga Sertifikasi Profesi (LSP) MICE melalui program fasilitasi Kementerian Pariwisata RI, Kota Bandung ditetapkan sebagai daerah yang mendapatkan kuota sertiflkasi. Uji kompetensi digelar di hotel kawasan Bandung Utara pada Selasa dan Rabu (9-10/10/2018).

Program ini sejalan dengan Peraturan Pemerintah RI No 52 tahun 2012 tentang Sertifikasi Kompetensi dan Sertifikasi Usaha di Bidang Pariwisata dan diperkuat dengan Peraturan Menteri Pariwisata RI No 19 tahun 2016 tentang Pemberlakuan Wajib Sertifikasi Kompetensi di Bidang Pariwisata.

Rizky Febian Disebut Sempat Meradang Lihat Lina Selingkuhi Sule, Rusak Jam Tangan Pemberian Ibunya

Kabar Duka, Ayah Mertua Giring Ganesha Meninggal Dunia, Cuitan di Twitter Banjir Ucapan Duka Cita

Ketua LSP MICE Jabar, Ajat Sudrajat, mengatakan bahwa Bandung yang merupakan ibu kota terdekat dengan Jakarta, tidak ingin ketinggalan untuk mempersiapkan sumber daya manusia atau SDM di bidang MICE. Bandung juga masuk dalam fokus Top 7 Pengembangan Destinasi MICE Kementerian Pariwisata, selain Bali, Jakarta, Yogyakarta, Surabaya, Medan, dan Lombok.

Menurut Ajat, pemegang sertifikat kompetensi SDM MICE di Bandung pada 2016 berjumlah 52 orang dengan perincian 12 Certfitied Event Logistic, masing-masing 20 di bidang Event Venue Management dan Event Marketing Communication.

Sementara pada 2017 terdapat peningkatan jumlah menjadi 124 pemegang sertifikat kompetensi yang terdiri dari masing-masing 17 orang bidang Event Logistic dan Event Venue Management, 24 orang bidang Event Marketing Communication, 39 bidang Event Liasion Officer dan 27 orang bidang Event Registration.

"Pada uji kompetensi hari ini (Rabu) peserta sertiflkasi kompetensi SDM MICE berjumlah 57 orang," kata Ajat di sela uji kompetensi.

Ajat menyebutkan bahwa secara statistik, data SDM MICE yang tersertifikasi pada 2016 adalah sebesar 13 persen dari 392 orang. Pada 2017 tumbuh menjadi 33 persen.

Menurut dia, diharapkan selalu ada peningkatan jumlah pemegang sertiflkat kompetensi SDM MICE untuk mempersiapkan Bandung sebagai salah satu destinasi MICE di Indonesia yang diprioritaskan.

Tujuan lainnya dari uji kompetensi MICE ini, menurut Ajat, adalah mempersiapkan diri dengan adanya MEA yang sudah berlangsung, dimana di dalam MEA, satu dari 8 profesi yang bebas bersaing di ASEAN adalah tenaga pariwisata termasuk MICE.

"Tujuh profesi Iainnya adalah insinyur, arsitek, akuntan, dokter gigi, praktisi medis, tenaga survey dan perawat," katanya.

Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (Asperapi) DPD Jawa Barat kembali menggelar sertifikasi uji kompetensi untuk bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) bagi anggotanya di sebuah hotel kawasan Bandung Utara, Selasa dan Rabu (9-10/10/2018).
Asosiasi Perusahaan Penyelenggara Pameran dan Konvensi Indonesia (Asperapi) DPD Jawa Barat kembali menggelar sertifikasi uji kompetensi untuk bidang MICE (Meeting, Incentive, Convention and Exhibition) bagi anggotanya di sebuah hotel kawasan Bandung Utara, Selasa dan Rabu (9-10/10/2018). (Tribun Jabar/Kemal Setia Permana)

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPD ASPERAPI Jabar, Dede Koswara, berharap bahwa dengan semakin bertumbuhnya SDM MICE di Jabar, maka hal itu dapat diiringi dengan pertumbuhan infrastruktur pendukung MICE.

Salah satunya adalah keberadaan gedung konvension. Kota Bandung dan kota-kota Jabar lainnya, menurut Dede, belum memiliki gedung konvesnion yang memadai dan representatif.

"Saya berharap bahwa seiring dengan peningkatan SDM MICE, hal ini bisa diikuti dengan bertumbuhnya sarana pendukung yang mampu menjadikan Kota Bandung dan Jabar menjadi lebih tinggi dalam Top Pengembangan destinasi MICE di Indonesia," ujarnya. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved