BNPT-FKPT Jabar Latih Pelajar Membuat Video Pendek Bertema Menjadi Indonesia

pelatihan semacam ini merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan daya tangkal masyarakat, khususnya generasi muda

BNPT-FKPT Jabar Latih Pelajar Membuat Video Pendek Bertema Menjadi Indonesia
ISTIMEWA

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Badan Nasional Penanggulangan Terorisme (BNPT) dan Terorisme'>Forum Koordinasi Pencegahan Terorisme (FKPT) Jawa Barat akan menggelar kegiatan “Pelibatan Pelajar SMA dan Sederajat Dalam Pencegahan Terorisme” di Gedong Sigrong Purwakarta, Kamis (11/10). Kegiatannya berupa talk show di radio dan pelatihan pembuatan video pendek. Rencananya, akan hadir aktris Prisia Nasution dan praktisi film Ratrikala Bhre Aditya sebagai narasumber dalam sesi workshop.

Ketua FKPT Jabar, Yaya Sunarya SH MM, mengatakan, munculnya gerakan-gerakan massa yang dilatarbelakangi pandangan radikal, berpotensi mengancam keutuhan Negara Kesatuan Republik Indonesia serta mengganggu sendi-sendi kerukunan, persatuan, dan kesatuan.

“Perlu kita sadari, saat ini kaum muda Indonesia menjadi sasaran empuk propaganda kelompok radikal. Saat ini sudah terjadi perang di Indonesia, tapi bukan perang dengan kekuatan militer, melainkan perang ideologi, teknologi, informasi, komunikasi, di antaranya berupa penyebaran berita-berita bohong dan penuh kebencian,” ujar Yaya dalam siaran pers, Rabu (10/10).

BNPT lanjut Yaya, memandang penting aspek pencegahan yang bersifat lunak. Salah satunya melalui pelatihan dan lomba video pendek pelajar SMA dan sederajat dengan tema “Menjadi Indonesia”. Yaya meyakini, pelatihan semacam ini merupakan metode yang efektif untuk meningkatkan daya tangkal masyarakat, khususnya generasi muda, untuk menolak ajakan kekerasan yang diinisiasi kelompok radikal terorisme.

“Kegiatan ini merupakan ikhtiar mengajak masyarakat untuk mewaspadai radikalisme sebagai bagian dari upaya pencegahan terorisme dalam rangk merawat perdamaian dan kebhinekaan Indonesia,” ujar Yaya.

Adapun agenda yang sudah disusun panitia, pada Rabu (10/10) malam, digelar talk show di radio Purwakarta. Narasumbernya dari BNPT dengan pokok bahasan “Strategi dan Kebijakan BNPT dalam Pencegahan Terorisme serta Pencegahan Dini” dan pembicara dari FKPT Jabar terkait isu “Peran Kearifan Lokal dalam Mencegah Terorisme”.

Sementara pada Kamis (11/10), para pelajar dari Purwarkarta dan sekitarnya akan mengikuti workshop pembuatan video pendek dengan tema Menjadi Indonesia. (*)

Editor: Machmud Mubarok
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved