Kukuhkan 4290 Lulusan, Rektor UPI Mengaku Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0

UPI juga terus berbenah dengan mengembangkan transdisiplin ilmu, menambah beberapa program studi yang dibutuhkan oleh pasar, dan mengembangkan program

Kukuhkan 4290 Lulusan, Rektor UPI Mengaku Siapkan SDM Hadapi Revolusi Industri 4.0
Tribun Jabar/ Hilda Rubiah
Rektor UPI, Prof Dr H R Asep Kadarohman, tengah memberikan sertifikat kepada satu di antara wisudawan berprestasi 

Laporan Wartawam Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Universitas Pendidikan Indonesia (UPI) mengukuhkan 4290 wisudawan di Aula Gymnasium UPI Jalan Setiabudhi No 229 Isola Kota Bandung, Selasa (9/10/2018).

Dalam sambutannya, Rektor UPI, Prof Dr H R Asep Kadarohman, berharap dapat menyiapkan lulusan yang dapat menghadapi revolusi industri 4.0.

"Berkaitan dengan menghadapi revolusi industri 4.0, lulusan UPI harus memiliki softskill, fleksibilitas, tangguh, kritis dan kreatif," ujar Asep Kadarohman, saat ditemui Tribun Jabar di Gedung Aula Gymnasium UPI, Selasa (9/10/2018).


Selain menguasai bidang keilmuan yang pelajari selama studi, lulusan UPI juga mampu memiliki keahlian kerja sesuai dengan bidang, kepiawaian beradaptasi dengan perubahan, dan kemampuan berpikir secara dinamis, serta katangguhan dalam bekerja merupakan tantangan bagi lembaga yang menghasilkan sumber daya manusia.

UPI sebagai sebuah perguruan tinggi, lanjutnya, harus mampu beradaptasi dengan perubahan tersebut, menyambut fenomena Revolusi Industri 4.0 tersebut.

Dengan menyiapkan segala sesuatu dengan sebaik-baiknya, sehingga mampu menghadapinya revolusi industri tersebut,
Rektor UPI itu mengaku terus mengembangkan berbagai program dan kegiatan terkait dengan kehadiran Revolusi Industri 4.0 tersebut.

Syifa Kembali Raih Emas untuk Kota Bandung di Cabang Panahan pada Porda Jabar XIII di Bogor

Dia menjeleskan sejumlah hal yang telah, sedang, dan terus dilakukan oleh UPI antara lain pengembangan sistem pembelajaran yang inovatif; penyesuaian kurikulum pembelajaran dengan pendekatan human digital dan keahlian berbasis digital; peningkatan kemampuan mahasiswa dalam menguasai data informasi teknologi (IT), operasional teknologi (OT), internet of things (IoT), dan big data; pengintegrasian objek fisik, digital, dan manusia secara komprehensif; dan peningkatan kualitas lulusan yang menguasai aspek literasi data, literasi teknologi, dan literasi manusia.

UPI juga terus berbenah dengan mengembangkan transdisiplin ilmu, menambah beberapa program studi yang dibutuhkan oleh pasar, dan mengembangkan program Cyber University.

Perkembangan dari sisi lain untuk kemajuan UPI, lanjutnya, juga mempersiapkan sumber daya manusia, khususnya dosen yang responsif, adaptif, dan progresif, yang ditunjang oleh kelengkapan sarana prasarana yang memadai, termasuk pembangunan infrastruktur untuk kepentingan pendidikan, riset dan inovasi.

Karena hal itu, Asep Kadarohman berharap lulusannya mampu mengembangkan potensi yang dimilikinya, sehingga mampu menangkap berbagai peluang yang ada.

"Kami juga berharap mereka kreatif, dapat mengembangkan diri, bukan hanya untuk bekerja tapi juga menciptakan lapangan kerja, inilah tantangan kita," ungkapnya.

Aburizal Bakrie Tidak Masuk Timses Jokowi-Maruf Amin, Ternyata Ini Alasannya

Mau jadi Istri TNI? Harus Sanggup Lewati Syarat dan Tesnya Lho! Ini Syarat-syaratnya

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved