SOROT

Hoaks di Tengah Bencana

Tangis mayarakat Lombok yang kehilangan keluarga dan rumah-rumah akibat gempa bumi, belum keriang. Gempa kembali terjadi di Palu dan Donggala

Hoaks di Tengah Bencana
Dok
Kisdiantoro, Wartawan Tribun Jabar

Oleh Kisdiantoro
Wartawan Tribun Jabar

Masyarakat Indonesia tengah berduka. Bencana gempa bumi bertubi-tubi mengguncang sebagian besar wilayah Indonesia.

Tangis mayarakat Lombok yang kehilangan keluarga dan rumah-rumah akibat gempa bumi, belum keriang. Rumah-rumah pun belum terbangun.

Duka itu kembali terjadi. Gempa bumi berkekuatan 7,4 SR mengguncang Kota Palu dan Kabupaten Donggala. Rumah, fasilitas umum, hotel, mobil pun hancur. Ribuan nyawa hilang. Orang-orang yang trauma akibat gempa dan tsunami itu tak terhitung.

Pemerintah berupaya cepat untuk memulihkan keadaan. Prioritas utama adalah evakuasi korban yang tertimpa reruntuhan gedung, tersapu tsunami, lalu evakuasi korban selamat.

Budiman Dukung Mario Jardel Tembus ke Skuat Utama Persib Bandung

Bantuan makanan, obat-obatan, selimut, air bersih, genset listrik, dan saluran komunikasi terus didatangkan.
Semuanya belum normal. Masih banyak keluarga yang mencari anggota keluarganya yang hilang. Masih banyak orang-orang yang belum mendapatkan bantuan.

Mereka mengadu kepada Presiden Joko Widodo yang berkunjung untuk melihat langsung proses penanganan bencana di Palu dan Donggala.

Di tengah kesibukan pemerintah dan relawan membantu melakukan evakuasi dan penanganan korban selamat, ada sekelompok orang yang tega memperkeruh suasana. Membuat ketakutan baru.

Mereka berulang kali menyebarkan berita dan video hoaks terkait bencana.

Persib Bandung vs Madura United, Maung Bandung Antara Tuah Stadion Batakan dan Kutukan Kalimantan

Kabar hoaks terbaru di tengah penanganan gempa Palu dan Donggala adalah beredarnya video mencekam berisi letusan gunung berapi yang diberi keterangan erupsi Gunung Soputan.

Halaman
12
Penulis: Kisdiantoro
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved