Gempa Donggala

Sepekan Bencana Sulteng, Penyebab Tsunami Palu Masih Jadi Tanda Tanya Besar

BMKG mengakui bahwa tsunami Palu tersebut luput dari perhitungan. Alasannya, tidak ada data yang dapat diandalkan dari Palu.

Sepekan Bencana Sulteng, Penyebab Tsunami Palu Masih Jadi Tanda Tanya Besar
TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN
Suasana Palu Grand Mall yang hancur pascagempa dan tsunami di Kawasan Taman Ria, Palu, Sulawesi Tengah, Selasa (2/10/2018). BNPB menyatakan kerugian akibat bencana gempa bumi dan tsunami di Donggala dan Palu mencapai puluhan triliun rupiah, hal tersebut berdasarkan dampak bencana dan cakupan kerusakan. TRIBUNNEWS/IRWAN RISMAWAN 

TRIBUNJABAR.ID- Sepekan berlalu sejak tsunami yang menerjang kota Palu. Tsunami ini dipicu dari gempa Donggala bermagnitudo 7,4.

Banyak misteri terkait dampak gelombang "monster" yang menewaskan ribuan nyawa tersebut. Setelah lebih dari sepekan, satu per satu teka-teki mulai terjawab. Apa saja?

1. Akhir Peringatan Dini

Banyak orang bertanya-tanya mengapa Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) mengakhiri peringatan dini tsunami dengan cepat pada Jumat (28/09/2018).

Tentang tsunami yang kemudian menghantam Palu, BMKG mengatakan bahwa gelombang datang pada saat masih dalam periode peringatan dini.

Meskipun demikian, BMKG mengakui bahwa tsunami Palu tersebut luput dari perhitungan. Alasannya, tidak ada data yang dapat diandalkan dari Palu.

Gubernur Anies Baswedan Turun dari Mobil Bantu Evakuasi Korban Kecelakaan Sedan Terbakar di Cipali

BNN Amankan 53 Kilogram Sabu-sabu di Medan, 7 Tersangka pun Berjalan Lemas

2. Waktu Tsunami

Berhubungan dengan pengakhiran peringatan dini oleh BMKG tersebut, teka-teki paling besar dalam kasus tsunami di Palu adalah waktu terjadinya.

Teka-teki tersebut terungkap setelah Badan Informasi Geospasial (BIG) mendapat data dari stasiun pasang surut di Pantoloan, Palu.

Berdasarkan data tersebut, diketahui air surut maksimal terjadi Jumat (28/9/2018) pukul 18.08 WITA, sementara pasang maksimal terjadi pada pukul 18.10 WITA. Artinya, tsunami Palu terjadi hanya berselang 8 menit setelah gempa. 

Halaman
12
Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved