P2LIPI Beri Pelatihan Bisnis untuk 5.000 Pelaku Startup dan UKM, Raih Rekor MURI Peserta Terbanyak

Pembekalan bisnis bagi 5.000 pelaku bisnis ini diberikan agar perempuan Jabar dan Indonesia memiliki ilmu dalam menghadapi persaingan bisnis di . .

P2LIPI Beri Pelatihan Bisnis untuk 5.000 Pelaku Startup dan UKM, Raih Rekor MURI Peserta Terbanyak
Tribun Jabar/Kemal Setia Permana
Pakar Pelatihan, Reza Anggara, sedang memberikan pelatihan bisnis "Selling Without Talking" kepada 5000 perempuan pelaku bisnis, baik startup maupun pebisnis yang sudah berjalan, se-Jabar di Pusdai Bandung, Rabu (3/10/2018). Acara yang digagas Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (P2LIPI) Jabar ini berhasil memecahkan rekor MURI sebagai Pemberian Pendidikan Gratis Terbanyak. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Kemal Setia Permana

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sebagai upaya memberikan kesejahteraan dan kemandirian di bidang ekonomi untuk menunjang kebutuhan lainnya bagi perempuan Indonesia, khususnya Jawa Barat, Perhimpunan Perempuan Lintas Profesi Indonesia (P2LIPI) Jabar memberikan pembekalan bisnis kepada 5.000 perempuan pelaku bisnis, baik startup maupun pebisnis yang sudah mulai berjalan, se-Jabar di Pusdai Bandung, Rabu (3/10/2018).

Pembekalan bisnis bagi 5.000 pelaku bisnis ini diberikan agar perempuan Jabar dan Indonesia memiliki ilmu dalam menghadapi persaingan bisnis di era digital saat ini.

Ketua DPW P2LIPI Jabar, Vonny Hamid, mengatakan bahwa persaingan bisnis yang kian ketat memaksa setiap pelaku bisnis, termasuk perempuan, harus memiliki bekal dalam berbisnis.

"Ini agar mereka bisa bersaing di kemudian hari," kata Vonny di sela pelatihan.

Update Terakhir Gempa dan Tsunami Palu: Korban Jiwa Capai 1.400, yang Masih Tertimbun 152 Orang

Sebar Info Hoaks Ada Gempa Dahsyat di Bandung, Perempuan Ini Diperiksa Polisi

Menurut Vonny, sebagai organisasi yang anggotanya terdiri dari para perempuan lintas profesi, P2LIPI memiliki misi yang salah satunya di bidang ekonomi yakni mensejahterakan perempuan dan membuat mereka mandiri dengan memiliki bisnis sendiri.

"Sehingga dalam berbisnis, mereka juga memiliki kekuatan dan tangguh," ujarnya.

Pelatihan bertemakan "Selling Without Talking" yang menghadirkan pembicara Reza Anggara, kata Vonny, berhasil memecahkan rekor Museum Rekor Indonesia (MURI) sebagai Pemberian Pendidikan Gratis Terbanyak sekaligus pelatihan bisnis yang diberikakn kepada peserta startup dan UKM terbanyak selama ini.

Dalam kesempatan yang sama, Ketua DPP P2LIPI, Indah Suryadharma Ali, menyebutkan bahwa DPP P2LIPI sangat mengapresiasi dengan langkah yang dilakukan DPW Jabar yang menggelar pelatihan bisnis untuk para startup serta pelaku bisnis yang sudah berjalan ini.

Farhat Abbas Laporkan 17 Orang Terkait Kebohongan Ratna Sarumpaet, Ini Daftarnya

Timses Jokowi Minta Polri Usut Tuntas Pelaku Penyebaran Hoax Tentang Ratna Sarumpaet

"Ini bisa menjadi contoh provinsi lain bagaimana kiat-kiat atau langkah P2LIPI Jabar untuk semakin membuat perempuan Indonesia bisa berkontribusi di bidang ekonomi," ujar Indah.

Menurut Indah, acara seperti ini juga menjadi bagian dari solusi P2LIPI dalam menghadapi persoalan klasik yang dialami perempuan pelaku bisnis, baik yang baru memulai ataupun yang sudah berjalan, bagaimana mereka menjual produk agar tidak terlalu sulit menjual.

"Terlebih saat ini persaingan pemasaran produk begitu luarbiasa, baik melalui digital marketing, promosi cetak, maupun media lainnya. Ini salah satu solusi bagiamnaa pelaku bisnis memasarkan produk-produk mereka," katanya. (*)

Penulis: Kemal Setia Permana
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help