Tim ACT Bangun Posko di Palu, Tersedia Listrik dan Air Bersih

Menyiapkan aksi skala masif dan pusat koordinasi Tim Aksi Cepat Tanggap di Kota Palu, Selasa (2/10), Posko Kemanusiaan ACT pun didirikan.

Tim ACT Bangun Posko di Palu, Tersedia Listrik dan Air Bersih
Istimewa
Tim Aksi Cepat Tanggap (ACT) membangun posko di Kota Palu untuk membantu korban gempa dan tsunami. 

TRIBUNJABAR.ID - Kondisi pascagempa di Kota Palu dilaporkan masih mencekam.

Listrik belum menyala, air bersih langka, krisis bahan bakar minyak, hingga akses transportasi darat maupun udara masih sangat terbatas. Sementara itu, pasokan logistik langka untuk ditemukan.

Menyiapkan aksi skala masif dan pusat koordinasi Tim Aksi Cepat Tanggap di Kota Palu, Selasa (2/10), Posko Kemanusiaan ACT pun didirikan.

Kusmayadi, Koordinator Tim Emergency Response ACT di Kota Palu mengabarkan, Posko Utama Tim ACT di Kota Palu beralamat di Jl. H. Hayun, No: 38, RT 02 RW 07, Kelurahan Besusu Barat, Kecamatan Palu Timur, Kota Palu.

Tunjukkan Kepedulian, DKPB Kota Bandung Galang Donasi untuk Korban Bencana Palu-Donggala

“Tidak mudah untuk mencari bangunan yang layak dan sekiranya tahan gempa untuk dijadikan posko ACT pascagempa di Kota Palu. Bangunan di pinggir laut habis disapu tsunami, sementara bangunan yang masuk ke selatan Palu banyak sekali yang mengalami kerusakan fisik. Kami juga mencari bangunan yang berada di tengah Kota Palu, untuk memudahkan tim evakuasi ACT bergerak ke lokasi di sekitar Palu,” jelas Kusmayadi.

Permasalahan air bersih dan listrik yang padam pun menjadi urusan pelik di seluruh kota.

Informasi Terbaru BNPB: Jumlah Korban Tewas Akibat Gempa dan Tsunami di Sulteng Mencapai 1234 Korban

Tim ACT di lokasi bencana melaporkan, sudah berhari-hari sejak gempa terjadi, mereka hanya berwudu menggunakan air mineral.

Mandi adalah hal mustahil karena air bersih yang langka. Masalah ini yang juga menjadi prioritas untuk menyiapkan Posko Utama ACT yang layak.

“Insya Allah Posko ACT di Palu bisa menyala listriknya dengan genset. Air bersih juga sedang kami siapkan di posko. Bangunan posko sudah kami pastikan tahan guncangan gempa susulan karena tidak ada yang mengalami keretakan, Insya Allah,” tutur Nur Ali Akbar, Koordinator Relawan dan Logistik ACT di lokasi gempa Palu.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved