Utang Indonesia Hingga Akhir Agustus Rp 4.363 Triliun, Penurunan Kurs Rupiah Ikut Pengaruhi

Posisi utang pemerintah Indonesia hingga akhir Agustus 2018 tercatat sebesar Rp 4.363,19 triliun.

Utang Indonesia Hingga Akhir Agustus Rp 4.363 Triliun, Penurunan Kurs Rupiah Ikut Pengaruhi
THINKSTOCKS/Kompas.com
Ilustrasi rupiah dan dollar AS 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Posisi utang pemerintah Indonesia hingga akhir Agustus 2018 tercatat sebesar Rp 4.363,19 triliun. Jumlah itu naik Rp 110 triliun dibanding posisi akhir bulan sebelumnya.

Sehingga, "Rasio utang pemerintah per akhir Agustus menjadi 30,31% terhadap Produk Domestik Bruto (PDB)," kata Direktur Jenderal Pengelolaan Pembiayaan dan Risiko Kementerian Keuangan (Kemkeu) Luky Alfirman, Jumat (21/9).

Kenaikan itu, sejalan dengan strategi pemerintah untuk melakukan pendalaman pasar obligasi, mengingat posisi Indonesia yang sudah naik kelas menjadi middle income country yang tidak lagi memperoleh pinjaman lunak (konsesional).

Nissa Sabyan Buat Orang Korea Nangis, Bilang Assalamualaikum Sampai Jadi Kakak-Adik

Kita Jokowi Kampanye Lewat Hotspot Berjalan, Target Pertama di Bandung

Berdasarkan sumber SBN, komposisi dalam valas naik ke angka 23,84% terhadap total utang, dari yang sebelumnya sebesar 22%. Sedangkan dalam rupiah mencapai 57,28%, dari periode yang sama tahun lalu sebesar 58,71%.

"Faktor eksternal seperti penurunan mata uang rupiah (kurs rupiah) terhadap mata uang asing lainnya terutama dollar Amerika Serikat (AS), mempengaruhi besaran outstanding utang untuk bulan Agustus ini," terang Kemkeu.

Sementara itu, porsi pinjaman mencapai 18,82% dari total outstanding, turun dari periode yang sama tahun lalu yang sebesar 19,29%. Jumlah itu, terdiri dari pinjaman luar negeri sebesar 18,68% dan pinjaman dalam negeri 0,14%.

Editor: Kisdiantoro
Sumber: Kontan
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved