Hujan Lebat Disertai Angin Guyur Ciamis, Listrik Padam, Pohon Tumbang, Petir Bakar Atap Rumah

Hujan lebat tersebut membuat aliran listrik di beberapa kawasan di Ciamis padam, terutama di Kompleks Perkantoran Kertasari sempat padam.

Hujan Lebat Disertai Angin Guyur Ciamis, Listrik Padam, Pohon Tumbang, Petir Bakar Atap Rumah
Istimewa
Pohon tumbang diterjang hujan lebat di Kabupaten Ciamis, Jumat (21/9/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, CIAMIS – Hujan lebat disertai angin kencang dan sambaran petir  mengguyur kawasan Ciamis Kota sejak pukul 16.00 Jumat (21/9) sore dan baru reda sekitar pukul 18.00.

Ini merupakan hujan pertama yang mengguyur kota galendo tersebut setelah didera kering kemarau selama sekitar tiga bulan.

Hujan lebat tersebut membuat aliran listrik di beberapa kawasan di Ciamis padam, terutama di Kompleks Perkantoran Kertasari aliran listrik sempat  padam sampai menjelang magrib (pukul 18.00).

Terpaan angin kencang yang menyertai hujan lebat Jumat (21/9) sore tersebut menyebabkan sejumlah pohon tumbang.  Dua pohon kersen di perempatan Jl Koperasi tumbang ke jalan.

Persib Bandung Vs Persija Jakarta, Polisi Jamin Mobil Pelat B Aman Jalan-jalan di Bandung

Tapi tak sampai mengganggu arus lalu lintas yang melintas di kawasan jalan yang biasa digunakan sebagai tempat arena pameran tersebut.

Juga ada pohon  tumbang di sisi kapling penjualan tanaman hias ujung  Jl Mr pIwa Kusumasumantri persimpangan Pasar Manis Ciamis.  

Cabang  pohon terembesi di sisi Jl A Yani depan Pesantren Al Hasan Bolenglang runtuh ke jalan, dan sempat mengganggu arus lalu lintas di jalan protocol jalur selatan tersebut. Arus kendaraan kembali lancer setelah petugas dan warga menyingkirkan puing cabang pohon yang patah tersebut.

Dilaporkan ada pohon yang tumbang di Cimari yang menimpa rumah warga dan di Cikoneng.

Sejumlah Guru Madrasah di Kota Tasikmalaya Datangi Kantor DPRD, Ini Tujuannya

Saat petugas piket Satgas Pusdalops BPBD Ciamis turun ke lapangan menangani pohon tumbang akibat hujan lebat sore Jumat tersebut, kantor Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Ciamis yang berlokasi di Komplek Perkantoran Kertasari tak luput dari terjangan angin kencang.

Puluhan genteng atap bagian depan kantor BPBD Ciamis tersebut berjatuhan. Rontoknya puluhan genteng tersebut membuat atap bagian depan kantor BBPD Ciamis sempat bocor.

“Genteng atap bagian depan kantor (BPBD Ciamis) juga kena. Kebetulan petugas dan piket Pusdalops sedang bergerak di lapangan. Hujan yang turun cukup lebat, disertai angin kencang dan petir” ujar Kabid  Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis, Ani Supiani kepada Tribun Jumat (21/9) petang.

Sebuah rumah bertingkat yang juga salon (Salon Ayoe) di Jl A Yani No 235 Kertasari Ciamis disambar petir saat hujan lebat mengguyur Jumat (21/9) sore tersebut.

“Kejadiannya tadi sekitar pukul 17.15, saat hujan masih lebat tiba-tiba ada sambaran petir. Petir membakar bagian kayu atap, beberapa genteng atap juga jatuh. Atap bocor, tapi percikan api cepat dipadamkan. Kebetulan mobil pemadam kebakaran cepat datang. Banyak petugas yang datang,” ujar Guru Syarif kepada Tribun.  

Tiket Persib Bandung Vs Persija Jakarta Ludes, Ternyata Begini Penjelasan Manajemen

Waktu kejadian tersebut menurut Guru Syarif yang berada di rumah hanya adiknya, rumah dalam kondisi sepi.

“Saya dan isteri ( Ny Ayu) sedang perjalanan pulang ke rumah. Dapat informasi ada sambaran petir yang membakar bagian atap. Tetangga sekitar  rumah sempat panik. Hanya bagian atap saja yang rusak, tak begitu parah. Kobaran api cepat dipadamkan, kebetulan hujan lebat juga masih turun,” katanya.

Penulis: Andri M Dani
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved