Puluhan Karyawan PT Sayap Mas Utama Cianjur Resah, Diminta Tandatangani Surat Pengunduran Diri

"Mereka saya duga akan disingkirkan oleh pihak perusahaan dengan pesangon murah, seharusnya pengunduran diri itu

Puluhan Karyawan PT Sayap Mas Utama Cianjur Resah, Diminta Tandatangani Surat Pengunduran Diri
Tribunjabar/Feri Amiril Mukminin
Karyawan PT Sayap Mas Utama Cianjur 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Ferri Amiril Mukminin

TRIBUNJABAR.ID, CIANJUR - Puluhan karyawan PT Sayap Mas Utama di Kabupaten Cianjur resah dengan surat perjanjian yang harus ditandatangani, berisi poin yang dinilai merugikan dan menjadi dilema bagi mereka.

Perintah untuk menandatangani datang setelah PT SMU akan berubah nama menjadi PT Cianjur Al Utama. Puluhan pekerja merasa diintimidasi dan sebagian besar merasa diminta untuk pensiun dini.

Ada Aktivis Digigit Anjing Polisi, Sejumlah Mahasiswa Datangi Mapolresta Banjarmasin

Melihat ketidakjelasan dan menuntut hak, puluhan pekerja akhirnya mengadu kepada kuasa hukum. Kuasa Hukum para pekerja, Hendra Malik mengatakan, puluhan pekerja mengadu karena dipaksa menandatangani surat pengunduran diri.

"Mereka saya duga akan disingkirkan oleh pihak perusahaan dengan pesangon murah, seharusnya pengunduran diri itu atas kemauan sendiri dan ada tenggang waktu," kata Adam, Jumat (14/9/2018) di depan pabrik.


Adam mengaku akan menempuh upaya Tripartite dan jika upaya tersebut tak berjalan mulus pihaknya tak bisa menahan jika para karyawan akan berunjukrasa.

Kuswara SH, Kabid Hubungan Industrial Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Cianjur mengatakan, pihaknya belum menerima laporan adanya perubahan nama PT SMU.

"Harusnya ada laporan perubahan nama, produk hukumnya seperti apa," kata Kuswara.


Ia mengatakan keinginan untuk bertemu dengan pihak perusahaan pun tak digubris. Menurutnya kedatangannya ke pabrik semula untuk memfasilitasi karyawan dengan perusahaan.

"Lebih cepat lebih baik, tapi pihak perusahaan tak mau menemui," kata Kuswara.

Alhasil puluhan karyawan akhirnya menuju kantor Disnaker untuk mengadukan nasibnya mereka. Selesai dari kantor Disnaker puluhan karyawan menuju Gedung DPRD Kabupaten Cianjur

Penulis: Ferri Amiril Mukminin
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved