Ombudsman Pergoki Nazaruddin Malam Hari Berada di Sel Setya Novanto, Luas Selnya Dua Kali Lipat

Dalam kunjungannya itu, Ninik menyebutkan Lapas Sukamiskin masih menyisakan hal-hal diskriminatif dan ketidakpatutan.

Ombudsman Pergoki Nazaruddin Malam Hari Berada di Sel Setya Novanto, Luas Selnya Dua Kali Lipat
TRIBUN JABAR / ICHSAN
Mantan Bendahara Partai Demokrat M Nazaruddin di Lapas Sukamiskin

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mega Nugraha Sukarna

TRIBUNJABAR.ID,BANDUNG - Kunjungan anggota Ombudsman RI ke Lapas Sukamiskin, Kamis (13/9/2018) malam menemukan kamar Setya Novanto, terpidana korupsi KTP elektronik masih menempati kamar dua kali lebih besar, sama halnya dengan kondisi yang diungkap Najwa Shihab belum lama ini.

"Kamarnya berukuran dua kali lipat, ukurannya tidak bisa saya pastikan. Itu punya Pak Setya Novanto, memang lebih luas tapi dijelaskan bahwa kamar itu bekas diisi terpidana sebelumnya. Tidak ada TV," ujar Anggota Ombudsman RI, Ninik Rahayu di Kanwil Kemenkum HAM Jabar, Jalan Jakarta, Kota Bandung, Jumat (14/9/2018).

Begini Kondisi Bus Siliwangi Antar Nusa Sesaat Setelah Kecelakaan di Tol Pejagan - Kanci

Dalam kunjungannya itu, Ninik menyebutkan Lapas Sukamiskin masih menyisakan hal-hal diskriminatif dan ketidakpatutan. Seperti halnya kamar yang tidak terkunci meski lewat pukul 17.00‎ sehingga berpotensi terpidana bisa keluar masuk dan ternyata terbukti. Ninik sempat tertahan 30 menit di gerbang masuk Lapas Sukamiskin karena ditahan terlebih dulu petugas lapas.


"Saya lihat semalam Nazaruddin di kamar Setnov sekitar pukul 22.00," ujar Ninik. Ia menambahkan kunjungannya merupakan inisiatif Ombudsman yang secara periodik menggelar inspeksi mendadak.

Ia juga mengomentari soal makanan warga binaan yang relatif pelayanannya cukup baik. Hanya memang, sejumlah warga binaan ada yang tidak mau menyantap makanan lapas.

"Mungkin dari Kepala Lapas atau Kepala Kanwil untuk merumuskan bagaimana standar layanan baik di Lapas Sukamiskin," katanya.


Kepala Kanwil Kemenkum HAM Jabar Ibnu Chuldun mengapresiasi Ombudsman yang datang ke Lapas Sukamiskin, Banceuy dan Lapas Perempuan Sukamiskin. Hanya saja, ia tidak bisa membenarkan atau menyanggah soal kamar Setya Novanto yang ukurannya dua kali lipat.

"Kan bu Ninik yang sampaikan tadi. Saya akan cek, selama ini belum monitor. Soal kamar besar itu, itu kan hasil sidak, saya belum bisa pastikan," ujar Ibnu.

Berdasarkan Undang-undang Nomor 37 Tahun 2008 tentang Ombudsman, Ombudsman memiliki kewenangan mengawasi penyelenggara pelayanan publik baik oleh penyelenggara pemerintahan, negara maupaun BUMN, BUMD serta badan swasta lain yang menjalankan pelayanan publik tertentu yang dananya dari negara. Saat ini, Ombudsman dipimpin tujuh anggota dengan ketua Amzulian Rifai.

Penulis: Mega Nugraha
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help