Buntut Aksi Main Hakim Sendiri, Warga yang Gebuki Maling di Suaka Indah Cimahi Bakal Diproses

Jajaran Polsek Cimahi Selatan akan mendalami main hakim sendiri yang dilakukan warga Komplek Suaka Indah, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan. . .

Buntut Aksi Main Hakim Sendiri, Warga yang Gebuki Maling di Suaka Indah Cimahi Bakal Diproses
sumsel.tribunnews.com
Ilustrasi dihakimi massa. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Jajaran Polsek Cimahi Selatan akan mendalami aski main hakim sendiri yang dilakukan warga Komplek Suaka Indah, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi terhadap dua pencuri bernama Roni Widianto (37) dan Anwar (32).

Kapolsek Cimahi Selatan, AKP Sutarman mengatakan, warga setempat terbukti main hakim sendiri terhadap warga terhadap dua pria itu, sehingga harus dilakuan penyidikan lebih lanjut.

"Dalam aturan, tidak boleh main hakim sendiri. Kita akan mendalami, kita melakukan proses penyidikan," katanya saat ditemui di Mapolsek Cimahi Selatan, Jalan Mendut, Kota Cimahi, Jum'at (14/9/2018).

Menurut Sutarman, peraturan perihal main hakim sendiri tertuang dalam Pasal 170 KUHP dengan ancaman hukuman maksimal 12 tahun penjara.

Sutarman mengatakan, jika memang terbukti, bukan tidak mungkin oknum warga yang terlibat aksi main hakim sendiri itu akan menjadi tersangka.

Untuk saat ini, kata Sutarman, pihaknya baru sebatas memanggil para oknum warga tersebut sebagai saksi, karena harus mengumpulkan bukti-bukti yang kuat.

"Hukum tidak membenarkan demikian, oleh sbebab itu kita lakukan penyidikan dan penyelidkan terhadap peristiwa itu," katanya.

Sebelumnya, Roni dan Anwar diberitakan menjadi sasaran amuk warga yang kesal terhadap aksi pencurian di sebuah rumah di kawasan kompleks Suaka Indah, Cimahi.

Dalam kasus tersebut, pria bernama Anwar mengaku tidak terlibat dalam aksi pencurian itu.

Ia mengaku hanya memenuhi permintaan Roni untuk mengantarnya ke rumah tersebut, dan mengaku tidak tahu bahwa Roni akan melakukan pencurian.

Berdasarkan video aksi pemukulan yang viral di media sosial, Anwar ada di lokasi bersama Roni, sehingga Anwar tetap menjadi sasaran amukan warga setempat dan ia mengalami pemukulan dengan menggunakan kayu dan tangan kosong.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved