Seni dan Budaya

Warga Kampung Adat Cireundeu Rayakan 1 Sura 1952 Saka Sunda [VIDEO]

PERINGATAN yang bertepatan dengan 1 Muharam 1440 Hijriyah tersebut digelar warga setempat...

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

LANTUNAN musik kecapi suling mengiringi ratusan masyarakat Kampung adat Cireundeu saat melakukan sungkeman kepada sejumlah tokoh kampung adat, pada peringatan tutup taun 1951 ngemban taun 1 Sura 1952 Saka Sunda.

Peringatan yang bertepatan dengan 1 Muharam 1440 Hijriyah tersebut digelar warga setempat di Bale Kampung Adat Cireundeu, Kelurahan Leuwigajah, Kecamatan Cimahi Selatan, Kota Cimahi, Selasa (11/9/2018).

Prosesi adat dibuka oleh salah seorang sesepuh adat yang memberikan wejangan, kemudian melakukan doa bersama agar tradisi di kampung adat tersebut tetap terjaga dan sebagai bentuk rasa syukur atas rezeki dari hasil pertanian yang setiap tahunnya berlimpah.

Warga yang mengikuti peringatan 1 Sura itu semuanya terlihat mengenakan pakaian adat dengan memakai kebaya putih untuk perempuan dan pangsi hitam untuk laki-laki. Mereka bersama para tamu undangan yang hadir larut dalam acara tersebut.

Setelah melakukan sungkeman, mereka melanjutkan dengan acara makan bersama dengan sajian makan utama Kampung Adat Cireundeu yakni nasi berbahan singkong. Kemudian sebagian warga melakukan ziarah ke makan leluhurnya.

Dalam sungkeman tersebut, mereka saling meminta maaf layaknya saat umat Islam merayakan idul fitri yang meminta maaf terhadap keluarga maupun dengan orang lain.

Ketika acara sungkeman, ditengah Bale terdapat sesajian, seperti bunga, daun sereh, kelapa dan berbagai hasil pertanian, sehingga mereka mengelilingi sesajian tersebut. (*)

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help