Petugas Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkotika Senilai Rp 1 Miliar Lebih ke Bandung

Narkotika tersebut terdiri dari Cathinone (Khat Kering) dengan berat bruto sekira 25.000 gram dan Ekstasi sebanyak 2003 butir

Petugas Gagalkan Upaya Penyelundupan Narkotika Senilai Rp 1 Miliar Lebih ke Bandung
ISTIMEWA
Konferensi pers Bea Cukai Bandung terkait penggagalan upaya penyelundupan narkotika ke Kota Bandung, Rabu (05/9/2018). 

Laporan Wartawan TribunJabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Petugas Bea Cukai Bandung bersama tim Interdiksi BNNP Jawa Barat didukung Kantor Pos MPC Bandung, kembali berhasil menggagalkan upaya penyelundupan narkotika.

Narkotika tersebut terdiri dari Cathinone (Khat Kering) dengan berat bruto sekira 25.000 gram dan Ekstasi sebanyak 2003 butir yang dikirim melalui paket Pos di Kantor Pos MPC Bandung.

"Awalnya, pada (09/4/18) dan (30/5/18), berdasarkan analisa petugas Bea Cukai Bandung yang bertugas di Kantor Pos, dilakukan penahanan terhadap barang yang berasal dari Ethiopia. Barang tersebut dikatakan sebagai Green Tea yang akan diterima oleh wanita berinisial LP di Bandung," kata Kakanwil Bea Cukai Jabar, Saefullah Nasution, Rabu (05/9/2018).

Setelah dilakukan pemeriksaan terhadap barang yang awalnya dikatakan sebagai daun teh hijau, hasil laboratorium menunjukkan bahwa barang tersebut masuk dalam narkotika golongan I jenis Cathinone yang sudah dikeringkan.

Siti Badriah Minta Maaf Gara-gara Lagi Syantik pada Asian Games 2018 Dianggap Mengecewakan

"Mengapa di ekspose hari ini, alasannya karena menunggu penerima agar mengambil barangnya, ternyata hingga saat ini tidak diambil juga," katanya.

Selanjutnya, pada kasus lain Saefullah Nasution mengatakan bahwa pada 27 Agustus 2018, berdasarkan pemeriksaan xray, petugas bea cukai menemukan kecurigaan terhadap barang kiriman via Pos dari Belgia yang ditujukan kepada LAA yang beralamat di Karawang, Jawa Barat.

Dari kecurigaan tersebut, ditemukan di dalam sol empat pasang sandal, tablet berwarna merah muda. Usai dilakukan uji laboratorium di Jakarta, pil tersebut teridentifikasi sebagai ekstasi sebanyak 2003 butir.

Nominal harga narkotika jenis Cathinone ialah Rp 7,5 juta. Atas penggagalan penyelundupan tersebut, sekira lima ribu jiwa berhasil diselamatkan dari bahaya narkotika.

Rupiah Terpuruk, Money Changer Ramai oleh Penukar Dolar AS

"Narkotika jenia ekstasi, memiliki nilai seharga Rp 1.001.500.000. Digagalkannya penyelundupan tersebut, maka 4.006 jiwa berhasil diselamatkan dari bahaya narkoba," katanya.

Dugaan pasal yang dilanggar ialah pasal 102 huruf e UU No 17 tahun 2006 tentang Kepabeanan dengan ancaman hukuman berupa pidana penjara paling singkat satu tahun dan paling lama 10 tahun, serta denda paling sedikit Rp 50 juta dan paling banyak Rp 5 miliar.

Kamu Harus Tahu, Ini Cara Praktis Mencuci dan Merawat Sepatu Agar Telihat Kinclong Kembali

Pasal yang diduga dilanggar ialah pasal 113 ayat (2) UU No 35 tahun 2009 tentang narkotika dengan ancaman hukuman berupa pidana mati, pidana seumur hidup, atau pidana penjara paling singkat lima tahun penjara dan paling lama 20 tahun serta denda paling banyak sebesar 4/3 dari Rp 10 miliar.

Saefullah menambahkan, bahwa penggagalan tersebut merupakan penggagalan ke-19 selama tahun 2018 yang dilakukan oleh Bea Cukai Bandung. Pengiriman dilakukan melalui jalur Bandara Husein Sastranegara dan dari Kantor Pos Lalu Bea Bandung.

Langkah tersebut dikatakan Saefullah sebagai wujud sinergitas Bea Cukai Bandung dengan seluruh instansi terkait dalam upaya pemberantasan peredaran narkotika guna menyelamatkan masyarakat dari penyalahgunaan narkotika dan obat-obatan secara ilegal.

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved