Kapolri Minta Kabareskrim Teliti Kasus Pembunuhan Munir: Apakah Kasus Itu Masih Bisa Dikembangkan?

Jenderal bintang empat ini mengaku menunggu masukan dari Irjen Pol Arief selaku Kabareskrim, sebelum memutuskan perihal kasus ini.

Kapolri Minta Kabareskrim Teliti Kasus Pembunuhan Munir: Apakah Kasus Itu Masih Bisa Dikembangkan?
KOMPAS.com/AMBARANIE NADIA
Kepala Polri Jenderal Pol Tito Karnavian 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA- Kapolri Jenderal Pol Tito Karnavian mengatakan akan meminta Kabareskrim Polri Irjen Pol Arief Sulistyanto untuk meneliti kasus pembunuhan terhadap aktivis Hak Asasi Manusia (HAM), Munir Said Thalib.

Hal ini merupakan imbas dari bebasnya Pollycarpus Budihari Prijanto, pada Rabu (29/8/2018).

"Nanti saya minta kepada Pak Kabareskrim yang baru (Irjen Pol Arief Sulistyanto, red) untuk melakukan penelitian kasus itu," ujar Tito, di Gedung Promoter RS Bhayangkara TK I R. Said Sukanto, Kramat Jati, Jakarta Timur, Jumat (31/8/2018).

Tito Karnavian mengatakan penelitian itu diperlukan untuk mencari tahu ada tidaknya potensi membuka kasus ini kembali, pascapembebasan Pollycarpus.

Jenderal bintang empat ini mengaku menunggu masukan dari Irjen Pol Arief selaku Kabareskrim, sebelum memutuskan perihal kasus ini.

Dugaan Motif Penembakan Polisi di Tol Kanci-Pejagan, Balas Dendam Karena Mertua Ditangkap

Lima Begal di Bandung Diciduk Polisi, Korban Dipukul Pakai Botol, dari Tangan Pelaku Disita 20 Motor

"Apakah kasus itu masih bisa untuk dikembangkan atau memang sudah seperti itu? Saya akan mendapatkan masukan dari Pak Kabareskrim," kata Tito Karnavian.

Sebelumnya, Pollycarpus dinyatakan bebas murni pada Rabu (29/8/2018). Mantan pilot Garuda itu telah menjalani masa tahanan selama 8 tahun atas vonis hakim selama 14 tahun penjara.

Sejumlah pegiat HAM mendesak Presiden Joko Widodo menepati janjinya. Sebab hingga kini, dalang dari pembunuhan munir belum juga terungkap.

Dokumen tim pencari fakta (TPF) yang menelisik kasus pembunuhan Munir Said Thalib pun tak kunjung dipublikasi pemerintah.

Padahal telah ada putusan sidang sengketa informasi di Komisi Informasi Pusat (KIP) yang menyatakan dokumen TPF Munir boleh diakses publik tapi emerintah mengaku tak tahu keberadaan dokumen itu. (Vincentius Jyestha Candraditya)

Artikel ini telah tayang di Tribunnews.com dengan judul "Pollycarpus Bebas, Kapolri Minta Kabareskrim Teliti Kasus Munir"

Editor: Tarsisius Sutomonaio
Sumber: Tribunnews
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved