Tim Satgas ITB Survei Fasilitas Air Bersih di Lombok

Survei kebutuhan air baku di beberapa posko pengungsian korban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali dilakukan oleh Tim Satgas ITB.

Tim Satgas ITB Survei Fasilitas Air Bersih di Lombok
Istimewa
Survei kebutuhan air baku di beberapa posko pengungsian korban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali dilakukan oleh Tim Satgas ITB. 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, LOMBOK - Survei kebutuhan air baku di beberapa posko pengungsian korban bencana gempa bumi Lombok, Nusa Tenggara Barat, kembali dilakukan oleh Tim Satgas ITB.

Survei ini dilakukan sebelum tim melakukan pengeboran air untuk kebutuhan pengungsi.

Dilakukan selama dua hari, 25-26 Agustus 2018, survei dipimpin oleh Dr. Bagus Endar dari Kelompok Keahlian Fisika Bumi dan Sistem Kompleks ITB.

Bagus mengatakan, karena letak posko pengungsian yang jauh dari sumber air, pengungsi gempa Lombok kesulitan mendapat air baku.

Walaupun ada sumur, belum tentu airnya juga ada.

“Jadi di Lombok Utara ini terutama kondisi geologisnya itu terdiri dari pasir yang lepas, vulkanik dari gunung berapi. Kemudian dia terbenam oleh air karena terkena getaran. Pasirnya seolah-olah jadi cairan dan naik ke atas, mengakibatkan sumur-sumur menjadi dangkal, memenuhi sumur sampai ke muka air tanah,” ujarnya dikutip dari keterangan tertulis yang diterima Tribun Jabar, Rabu (29/8/2018).

Maruf Amin Mundur dari Jabatan Ketua Umum MUI, Siapa Sosok Penggantinya?

Catat, Jadwal Penukaran Resi SIM Sementara dengan SIM Asli Satlantas Polrestabes Bandung

Akhrinya, daerah Pemenang, Tanjung, Selat, Gangga, dan sekitarnya, adalah lokasi yang dipilih saat survey.

Lokasi sumur di tiap daerah itu kemudian dicari dan dilihat posisinya.

Sumur yang masih memiliki air, diperiksa kualitas airnya, seperti tingkat keasaman atau PH, tingkat kehantaran listrik atau konduktifitas, kolom air, dan suhu.

Halaman
12
Penulis: Yongky Yulius
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved