Dedi Mulyadi Bertolak ke Lombok, Beli Beras untuk Korban Gempa dan Siap Bangun Rumah Tahan Gempa

“Family kit, makanan pokok dan kebutuhan sekolah menjadi prioritas kita. Ini saya sedang siapkan beras,”

Dedi Mulyadi Bertolak ke Lombok, Beli Beras untuk Korban Gempa dan Siap Bangun Rumah Tahan Gempa
istimewa
Dedi Mulyadi memanggul beras untuk diserahkan ke korban gempa di Lombok 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Haryanto 

TRIBUNJABAR.ID, PURWAKARTA - Ketua DPD I Partai Golkar Jabar Dedi Mulyadi tengah bersiap menuju Lombok, Nusa Tenggara Barat. Dedi bakal menyerahkan bantuan kepada para pengungsi di provinsi yang ditimpa bencana gempa bumi itu.

Bantuan berupa beras sedang dipersiapkan di Pasar Induk Cikopo, Purwakarta, Rabu (29/8/2018) siang. Selain itu, bahan pokok lain seperti sembako juga siap diserahkan kepada para korban gemba bumi di Lombok.

Tikungan Bangkong Jadi Titik Rawan Kecelakaan di Jalur Bandung-Sumedang, 10 Truk Terguling Bulan Ini

“Family kit, makanan pokok dan kebutuhan sekolah menjadi prioritas kita. Ini saya sedang siapkan beras,” katanya di Pasar Induk Cikopo, Purwakarta, Rabu (29/8/2018).

Menurut Dedi, timnya sejak kemarin sudah tiba di Lombok untuk melakukan pemetaan kebutuhan. Mantan Bupati Purwakarta itu berusaha menyisir wilayah pinggiran yang sulit dijangkau dan belum mendapatkan bantuan.


“Kita coba ke daerah pinggiran. Kalau sulit diakses kan berarti selama ini mereka sangat membutuhkan bantuan kita. Saya akan fokus di daerah-daerah itu,” ujarnya.

Selain itu, bantuan jangka panjang juga akan diberikan untuk warga korban gempa. Bantuan tersebut berupa rumah tradisional tahan gempa. Menurut dia, sebanyak 20 rumah sudah masuk dalam rencananya untuk dibangun tahap pertama.

“Warga Lombok membutuhkan rumah tahan gempa. Kita desain rumah panggung khas Lombok bagi warga di sana,” katanya.


Sama halnya dengan target penyerahan bantuan bahan pokok, target pembangunan rumah pun berada di daerah pinggiran. Biaya atas kegiatan tersebut berasald ari Fraksi Partai Golkar di DPRD Jawa Barat.

“Penanganan bencana di Lombok itu menjadi tanggung jawab anak bangsa. Kita merasakan betul duka yang warga Lombok rasakan,” katanya.

Sebelumnya, seluruh jajaran rraksi dan pengurus Golkar Jabar mengumpulkan iuran untuk penggalangan dana bagi korban gempa Lombok. Target dari penggalangan tersebut adalah Rp 1 Miliar.

Mulai besok, seluruh bantuan tersebut akan disalurkan berdasarkan prioritas kebutuhan di masing-masing wilayah terdampak gempa.

Penulis: Haryanto
Editor: Ichsan
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved