Begini Tips Merawat Vespa Tua Agar Awet dan Aman Saat Touring

Panglima Team Scooter Anak Rantau, Muhammad Ilham (24), menuturkan bahwa rata-rata Vespa tua yang masih banyak ditunggangi adalah Vespa yang diproduks

Begini Tips Merawat Vespa Tua Agar Awet dan Aman Saat Touring
Isa Rian Fadilah
Pencinta vespa keliling Bandung, Minggu (14/2/2016). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, Bandung - Bagi para pengendara sepeda motor Vespa tua, perawatan adalah hal yang terpenting.

Panglima Team Scooter Anak Rantau, Muhammad Ilham (24), menuturkan bahwa rata-rata Vespa tua yang masih banyak ditunggangi adalah Vespa yang diproduksi tahun 1960 sampai 1980an.

Jenisnya pun beragam, mulai dari Vespa Darling, Vespa Gran Lusso, Vespa VBB, Vespa SUPER 66, Vespa PTS 100, Vespa SS, dan lainnya.

"Kondisi motor Vespa keluaran lama pun bermacam-macam, ada yang masih bagus, tapi ada juga kondisinya yang sudah rusak atau tidak normal," ujar Ilham kepada Tribun Jabar, saat ditemui di Jalan Borobudur No 1, Cibaduyut, Bandung, Selasa (28/8/2018).

Dedi Mulyadi Sebut Soal Capres Sudah Jelas, Pilpres Harus Jadi Urusan Parpol Bukan Lagi Masyarakat

Idjon Djanbi, Bapak Kopassus yang Rela Ceraikan Istri Demi Kecintaannya pada Indonesia

Dari segi perawatannya, menurut Ilham, tidak jauh berbeda dengan sepeda motor lainnya.

Ilham mengatakan, agar mesin Vespanya tetap baik, Vespa harus diservis dan ganti oli sebanyak dua bulan sekali, serta menggunakan takaran oli campur.

"Yang paling terpenting itu adalah kondisi mesinnya yang masih baik, meskipun second (bekas), tenaganya tidak kalah dengan yang baru, asalkan rutin merawatnya," jelas Ilham.

Selain mesin, lanjut Ilham, harus rutin juga memeriksa kelistrikan pada motor Vespa. Cara mudah memeriksa kelistrikan motor bekas adalah dengan cara menyalakan lampu depan, lampu belakang, klakson, lampu sein, dan lain-lain.

"Jika semuanya berfungsi, maka kelistrikannya normal. Untuk antisipasi, periksa hal-hal tersebut setiap hari. Jika ada yang tidak berfungsi, maka segera diganti," kata Ilham.

Pengguna Vespa juga disarankan menggunakan suku cadang orisinal, karena dari segi kualitas, suku cadang orisinal lebih awet dan tahan lama.

"Dengan begitu, keamanan dan kenyamanan Anda saat berkendara sepeda motor Vespa juga terjamin. Pesan penting saya jangan menggunakan suku cadang imitasi, karena sangat berbahaya bagi keselamatan anda dan kenyamanan anda," ujar Ilham.

Unpad Coba Gelar PMB yang Berbeda, Ini Harapan Rektor

Kemarau Panjang, Rumput di Median Jalan Kota Tasikmalaya Terkena Dampak Seperti Ini

Penulis: Fasko dehotman
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved