Iduladha

Ini Cara Memaknai Iduladha Menurut Panitia Iduladha Masjid Raya Bandung

"Makna iduladha berkaitan dengan hikmah kisah Nabi Ibrahim AS, dan Putranya Nabi Ismail AS," ujar Djudju saat ditemui Tribun Jabar di Masjid Raya Band

Ini Cara Memaknai Iduladha Menurut Panitia Iduladha Masjid Raya Bandung
Tribun Jabar/Ahmad Imam Baehaqi
Kerbau bule hewan kurban dari Kepala BIN, Jenderal Budi Gunawan, di Masjid Raya At Taqwa, Jalan Kartini, Kota Cirebon, Rabu (22/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilda Rubiah

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Makna Iduladha bisa dicontoh dari kisah Nabi Ibrahim AS. Hal itu disampaikan Wakil Ketua Panitia Iduladha Masjid Raya Bandung, Djudju Samsudin.

"Makna iduladha berkaitan dengan hikmah kisah Nabi Ibrahim AS, dan Putranya Nabi Ismail AS," ujar Djudju saat ditemui Tribun Jabar di Masjid Raya Bandung, Rabu (22/8/2018).

Menurut Djudju, dalam kisah Nabi Ibrahim dan Nabi Ismail mengandung segi aspek pendidikan bagi para orang tua dan seorang anak.

Aksi Terbaru The Sacred Riana Menggantung, Video yang Dipotong Americas Got Talent Dipertanyakan

Teladan taat terhadap orangtua dan cara mendidik Nabi Ibrahim kepada Nabi Ismail, tergambar ketika Nabi Ibrahim berdiskusi dengan Nabi Ismail As yang rela mengorbankan nyawanya karena percaya kepada Allah SWT dan Ayahnya Nabi Ibrahim As.

Sebagaimana yang diceritakan dalam kisahnya, Nabi Ibrahim AS diperintahkan Allah SWT menyembelih putranya sendiri.

Demikian atas dasar keimanan serta ketakwaan Nabi Ibrahim, ia rela berkorban meyembelih putranya sendiri, begitu pula dengan Nabi Ismail yang juga rela untuk disembelih.

"Makna berkurban dalam kisah tersebut berarti bahwa berbagai macam hidup itu pengorbanan, orangtua berkorban untuk anaknya, harta, tanaga, emosional bahkan nyawa," ujar Djudju.

Hidup berarti pula pengabdian, ibadah dalam segi sosial seperti, infak wajib zakat, infaq, dan shodaqoh, merupakan bentuk pengorbanan juga, adalah makna dari Iduladha.

Tak Perlu Takut Rambut Rusak, Warnai Rambut Pakai Produk Kaya Teknologi Seperti Ini Saja

Penulis: Hilda Rubiah
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved