Iduladha

VIDEO: Jelang Hari Raya Idul Adha Penjualan Arang Meningkat Dua Kali Lipat

PENINGKATAN tersebut sudah mulai terasa pada dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha hingga satu hari setelahnya...

Laporan Wartawan Tribun Jabar Daniel Andreand Damanik

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Menjelang Hari Raya Idul Adha 1439 Hijriah, penjualan arang meningkat dua kali lipat dari hari-hari sebelumnya.

Peningkatan tersebut sudah mulai terasa pada dua hari menjelang Hari Raya Idul Adha hingga satu hari setelahnya.

Jeje Jaenudin (45) seorang penjual arang di Sejati Arang Jl Gudang Selatan No 57 Bandung mengatakan bahwa arang yang dijual tersebut diolah dari batok kelapa dan kayu.

"Harga arangnya bervariasi, per kilonya dihargai dari Rp 6 ribu hingga Rp 10 ribu. Sementara untuk satu karung yang memiliki berat 45 kilogram, biasanya dihargai Rp 200 ribu," kata Jeje, Selasa (21/8/2018).

Asep, pengusaha Sejati Arang tersebut menjelaskan secara ringkas bahwa peningkatan penjualan arang menjelang Idul Adha bisa mencapai 30 persen dari hari biasanya.

Jeje menjelaskan, arang tersebut biasanya sudah memiliki pelanggan tetap dari pasar dan rumah makan. Tidak jarang juga perorangan datang untuk membeli arang tersebut.

Arang tersebut diperoleh dari Pameungpeuk, Garut yang dalam satu bulan secara rutin dikirim sebanyak satu kali menggunakan kendaraan truk.

Isi dalam satu truk dijelaskan Jeje rata-rata 126 karung berkapasitas 45 kilogram per karungnya.

Bagi pelanggan tetap, Sejati Arang memberikan fasilitas pengantaran arang ke lokasi yang diminta pelanggan.

Grosir Sejati Arang tersebut sudah berdiri sejak tahun 1998 dan menurut Jeje, terdapat tiga orang pekerja di Setia Arang yang bertugas sebagai memilah arang, membungkus, menunggu pembeli, dan mengantarkan arang ke lokasi pelanggan. (*)

Penulis: Daniel Andreand Damanik
Editor: Dicky Fadiar Djuhud
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved