Satu Jalan Dua Nama, Ditemukan di Kota Ciamis, Mana yang Benar? Warga Pun Bingung

Jalan yang panjangnya sekitar 500 meter dan melingkar di Kompleks Islamic Center, Kompleks Perkantoran Kertasari Ciamis, ini ternyata ada dua namanya.

Satu Jalan Dua Nama, Ditemukan di Kota Ciamis, Mana yang Benar? Warga Pun Bingung
Kolase TRIBUN JABAR /Andri M Dani
SATU JALAN DUA NAMA – Ruas jalan di keliling Komplek Islamic Center di Komplek Perkantoran Kertasari Ciamis ini rupanya memiliki dua nama. Kantor Tourism Information Center (TIC) menyebutnya Jl RAA Kusumasubrata sedangkan kantor PA Ciamis dan kantor BPBD Ciamis yang berada di samping kantor TIC menulisnya Jl RAA Sastrawinata. Mana yang benar? 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Andri M Dani

TRIBUNJABR.ID, CIAMIS – Jalan yang panjangnya sekitar 500 meter dan melingkar di Kompleks Islamic Center, Kompleks Perkantoran Kertasari Ciamis, ini ternyata ada dua namanya.

Berdasarkan pantauan Tribun Jabar, Kantor Tourism Information Center (TIC) yang berada di jalan tersebut menuliskan nama Jalan RAA Kusumasubrata di tembok plang nama kantornya.

Kantor Tourism Information Center (TIC) di Kompleks Perkantoran Kertasari menuliskan nama Jalan RAA Kusumasubrata di tembok plang nama kantornya.
Kantor Tourism Information Center (TIC) di Kompleks Perkantoran Kertasari menuliskan nama Jalan RAA Kusumasubrata di tembok plang nama kantornya. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

Sedangkan Kantor Pengadilan Agama (PA) dan kantor BPBD Ciamis yang berada di samping kantor TIC, menuliskan  Jalan RAA Sastrawinata di papan nama kantornya.

Kantor BPBD Ciamis di Kompleks Perkantoran Kertasari menuliskan Jalan RAA Sastrawinata di papan nama kantornya.
Kantor BPBD Ciamis di Kompleks Perkantoran Kertasari menuliskan Jalan RAA Sastrawinata di papan nama kantornya. (Tribun Jabar/Andri M Dani)

“Mana yang benar, kami yang tinggal di belakang samping kantor TIC jadi bingung. Mau bikin alamat, mana yang benar,” ujar Irwan, warga kawasan Bolenglang Rt 03/05, Kertasari, Ciamis, kepada Tribun Jabar, Jumat (17/8/2018).

Irwan dan warga lainnya yang rumahnya berdekatan dengan Kantor TIC, berharap adanya kepastian nama jalan di keliling Kompleks Islamic Center Ciamis tersebut.

Duet Center Back Bawa Timnas U-23 Indonesia Unggul 3-0 Atas Laos

Asman Abnur Mundur dari Menpan RB, Informasi Lanjutan Seleksi CPNS Kota Cirebon Terhambat

Untuk diketahui, di sepanjang jalan tersebut berdiri sejumlah kantor dinas dan di belakangnya merupakan pemukiman warga.

Oleh karena itu perlu ada kepastian informasi tentang nama resmi jalan tersebut.

“Jangankan turis, warga sendiri menjadi bingung. Bisa-bisa, bikin Damkar nyasar,” katanya.


Nama jalan di kawasan Kompleks Perkantoran Kertasari ini memang mengabadikan nama-nama Bupati Ciamis termasuk nama bupati saat Ciamis masih bernama Kabupaten Galuh.

RAA Kusumasubrata adalah bupati ke-19 Kabupaten Galuh yang menjabat dari tahun 1886-1914.

Sedangkan RAA Satrawinata merupakan bupati pertama setelah Kabupaten Galuh berubah nama jadi Kabupaten Ciamis, atau sebagai bupati ke-21 Kabupaten Galuh yang menjabat dari tahun 1916-1935.

“Kok bisa gitu ya. Saya sendiri tidak tahu mana yang benar, mungkin bisa ditelusuri Perda-nya,” ujar Ani Supiani Kabid Kedaruratan dan Logistik BPBD Ciamis (*)

Penulis: Andri M Dani
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved