Iduladha

Mau Beli Hewan Kurban Sehat? Kenali Tandanya

Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi menghimbau agar masyarakat membeli hewan kurban yang sudah dipastikan sehat saat

Mau Beli Hewan Kurban Sehat? Kenali Tandanya
Tribun Jabar/ Hilman Kamaludin
Pemeriksaan hewan kurban di Tempat Penjualan Hewan Kurban Doa Ibu, Jalan Budi, Kota Cimahi, Selasa (14/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Pemerintah Kota Cimahi melalui Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi menghimbau agar masyarakat membeli hewan kurban yang sudah dipastikan sehat saat Idul Adha 1439 Hijriyah.

Sebagai tanda hewan kurban yang sudah dipastikan sehat dan memenuhi syarat, hewan kurban diberikan simbol berupa kalung bertuliskan 'Sehat dan Memenuhi Syarat'.

Asisten Pemerintahan dan Kesra Pemkot Cimahi, Maria Fitriana, mengatakan bahwa pihaknya akan memeriksa hewan kurban dalam dua tahap.

Antisipasi Adanya Penyakit Pada Hewan Kurban, Pemkot Cimahi Melakukan Pemeriksaan Kesehatan Hewan

"Jadi masyarakat diimbau untuk membeli hewan kurban di tempat yang sudah diperiksa dan sudah dinyatakan sehat dan sudah memenuhi syarat," ujarnya saat ditemui usai menghadiri pemeriksaan dan pengalungan hewan qurban di Jalan Budi, Kota Cimahi, Selasa (14/8/2018).

Untuk pemeriksaan sebelum disembelih (ante mortem) akan dilaksanakan pada 13 hingga 21 Agustus 2018 dan pemeriksaan setelah disembelih (post mortem) pada 22 hingga 23 Agustus 2018.

Ia mengatakan, Dinas Pangan dan Pertanian Kota Cimahi akan menargetkan, hewan qurban yang diperiksa kesehatannya minimal 3.000 ekor.

Persib Bandung vs PSKC Cimahi: Sangkuriang Target Menang, Maung Bandung Serius

"Pemeriksaan sebelum dan setelah penyembelihan supaya masyarakat merasa tenang," katanya.

Berdasarkan hasil pemeriksaan sebelum disembelih tahun sebelumnya, penyakit yang terdapat pada hewan qurban adalah pink eye, orf, enteritis dan flu.

Sementara sesudah disembelih, ada beberapa hewan qurban yang kedapatan terinfeksi cacing hati yang memang tidak dapat terdeteksi ketika hewan masih hidup.

Djoko Santoso Siap Jadi Ketua Tim Sukses Prabowo-Sandiaga Uno

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Theofilus Richard
Sumber: Tribun Bogor
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved