57 Komunitas Asal Cimahi dan Bandung Barat Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok

Semua kegiatan dalam acara penggalangan dana tersebut semuanya menjadi donasi.

57 Komunitas Asal Cimahi dan Bandung Barat Galang Dana untuk Korban Gempa Lombok
Tribun Jabar/Hilman Kamaludin
Acara Charity For Lombok di Lapang Tembak Koni Jabar, Kota Cimahi.

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Hilman Kamaludin

TRIBUNJABAR.ID, CIMAHI - Sebanyak 57 komunitas di Kota Cimahi dan Kabupaten Bandung Barat (KBB) menggalang dana bantuan untuk korban bencana gempa bumi Lombok di Lapang Tembak Koni Jabar, Kota Cimahi, Minggu (12/8/2018).

Dalam kegiatan tersebut, mereka mengadakan kopi donasi, lelang barang distro dan out gear, kotak donasi, live musik, menggelar produk Usaha Kecil Menengah (UKM), Food Truck dan sablon gratis.

Semua kegiatan dalam acara penggalangan dana tersebut semuanya menjadi donasi.

Untuk UKM yang menggelar dagangannya sebanyak 10 persen dari hasil penjualannya akan didonasikan.

Koordinator acara Charity For Lombok, Deden Nugraha mengatakan, ide penggalangan dana tersebut awalnya dari Forum Komunikasi Pecinta Alam Bandung Raya yang akan berangkat ke Lombok untuk memberikan bantuan.

"Awalnya hanya beberapa komunitas, tapi komunitas yang lain tertarik untuk gabung sampai saat ini yang terlibat dalam penggalangan dana untuk Lombok ini ada 57 komunitas," ujar Deden saat ditemui Tribun Jabar disela acara Charity For Lombok, Minggu (12/8/2018).

Dalam penggalangan dana tersebut, pihaknya mendapat dukungan dari semua lapisan masyarakat, pihak kelurahan dan pengurus Koni Jabar, sehingga antusias masyarakat untuk memberikan bantuannya cukup tinggi.

Ia mengatakan, untuk menarik perhatian masyarakat dalam memberikan donasi tersebut pihaknya menyebarkan informasi kegiatan tersebut di sosial media masing-masing komunitas dan memasangkan spanduk di tempat keramaian.

"Tapi yang paling efektif itu kita komunikasi langsung untuk menginformasikan acara ini, sehingga kita bisa mengajak masyarakat untuk berbelanja di UKM yang ada disini," katanya.

Dengan digelarnya acara tersebut, pihaknya menargetkan dana dari penggalangan tersebut sebanyak Rp 50 juta untuk didonasikan ke korban gempa bumi Lombok.

"Kalau kita hanya mendapatkan dibawah Rp 10 juta tidak perlu mengadakan acara seperti ini karena kita bisa mendapatkan. Jadi dengan acara ini kita targetkan diatas Rp 50 juta," kata Deden.

Penulis: Hilman Kamaludin
Editor: Fauzie Pradita Abbas
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved