Ustaz Evie Effendi Dipanggil MUI Jabar, Surat Panggilan Sudah Dikirimkan

Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sudah mengirimkan surat kepada Ustaz Evie Effendi agar datang ke kantor MUI Jabar . . .

Ustaz Evie Effendi Dipanggil MUI Jabar, Surat Panggilan Sudah Dikirimkan
Tribun Jabar/Yongky Yulius
Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, KH Rafani Achyar saat ditemui di kantornya, Jalan L.L.RE. Martadinata 105, Cihapit, Kota Bandung, Jumat (10/8/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Yongky Yulius

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Majelis Ulama Indonesia (MUI) Jawa Barat sudah mengirimkan surat kepada Ustaz Evie Effendi agar datang ke kantor MUI Jabar pada Senin (13/8/2018) nanti.

Selain meminta klarifikasi, dikatakan Sekretaris Umum MUI Jawa Barat, KH Rafani Achyar, pihaknya akan tabayun atau meminta penjelasan terkait ceramah ustaz nyentrik itu beberapa waktu lalu yang diduga dapat membuat umat bingung.

"Bahwa kami tadi pagi sudah mengirimkan surat ke alamat beliau. Kami akan lakukan tabayun. MUI tidak akan langsung memvonis begitu saja. Kami akan klarifikasi," ujarnya saat ditemui di kantornya, Jalan L.L.RE. Martadinata 105, Cihapit, Kota Bandung, Jumat (10/8/2018).

Jadwal Siaran Langsung Timnas U-23 Indonesia di Asian Games 2018, Laga Perdana Hari Minggu Ini

Jadwal Siaran Langsung Final Piala AFF U-16, Indonesia Vs Thailand di Stadion Gelora Delta

Dia pun mengatakan, beberapa hari terakhir, banyak umat yang mengadu ke kantor MUI Jabar terkait ceramah Ustaz Evie.

Terkait hal itu, Rafani mengimbau agar umat Muslim tenang.

"Saya sendiri belum melihat (videonya) awalnya. Tahu-tahu ramai saja. Akhirnya saya lihat. Kemarin juga sudah banyak orang kumpul, ya namanya orang banyak, ada juga yang bilang, "Pak Kiai sudah ini laporkan saja,". Saya bilang tenang dulu","katanya.


MUI, sambung Rafani, tentu akan bertindak, namun dengan cara yang biasa MUI lakukan.

Jika ada yang perlu diluruskan, pihaknya akan meluruskan.

"MUI akan bertindak, tapi secara MUI. Kalau ada yang perlu diluruskan, kita luruskan. Yang bersangkutan kan juga sudah minta maaf, tapi karena masyarakat terus-terusan (ramai), akhirnya kita undang ke sini," ujarnya.

Seperti diketahui, dalam satu di antara sejumlah video rekaman ceramahnya yang tersebar di media sosial, Ustaz Evie menjelaskan tentang Alquran surat Ad-Duha ayat 7, yang ternyata, ia diduga telah menafsirkan sendiri tentang perjalanan kehidupan Nabi Muhammad SAW.

Hasil tafsirannya tersebut, dianggap sejumlah kalangan dapat membingungkan umat, karena pernyataannya tersebut dianggap tidak dipertimbangkan terlebih dahulu. (*)

Penulis: Yongky Yulius
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help