Lombok Diguncang Gempa

Pemkab Bandung Akan Galang Donasi untuk Korban Gempa Lombok

Pemerintah Kabupaten Bandung akan membantu korban gempa Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB).

Pemkab Bandung Akan Galang Donasi untuk Korban Gempa Lombok
ISTIMEWA
PEMKAB BANDUNG 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Mumu Mujahidin

TRIBUNJABAR.ID, SOREANG - Pemerintah Kabupaten Bandung akan membantu korban gempa Lombok Provinsi Nusa Tenggara Barat (NTB). Pemda akan mengedarkan surat melalui Korpri ke seluruh pegawai.

Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bandung, Sofian Nataprawira, menuturkan pihaknya secepatnya akan mengedarkan surat kepada seluruh pegawai pemda melalui Korpri (Korp Pegawai Republik Indonesia).

"Sekarang akan dibuat (surat edaran). Mudah-mudahan dalam sepekan semua donasi terkumpul dan segera dikirimkan kepada korban gempa di Lombok," katanya di Soreang, Jumat (10/8/2018).

Rekam Jejak Prabowo Subianto di Pilpres, Sempat Berada di Bawah Naungan Pohon Beringin

Jadwal Siaran Langsung Final Piala AFF U-16, Indonesia Vs Thailand di Stadion Gelora Delta

Berdasarkan data Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), hingga Kamis (9/8/2018) jumlah korban meninggal dunia hingga mencapai 259 orang. Korban yang tertimpa reruntuhan bangunan ini diperkirakan masih ada dan upaya evakuasi masih terus dilanjutkan.

Sementara, Asisten Perekonomian dan Kesejahteraan, Marlan mengatakan pihaknya akan mengumpulkan donasi dari seluruh pegawai yang berada di lingkungan pemerintahan. Surat edaran tersebut akan disebarkan ke seluruh satuan kerja perangkat daerah (SKPD) yang ada di lingkungan pemerintah daerah.

"Rencananya dalam bentuk biasa yang sudah-sudah yaitu donasi, mengumpulkan uang," ujarnya di Soreang tadi siang.


Seperti saat kejadian Rohingya, kata Marlan pihaknya juga menyalurkan donasi yang terkumpul hingga sebanyak Rp 300 juta. Langkah tersebut dilakukan sebagai bentuk kepedulian pemerintah Kabupaten Bandung terhadap korban gempa di Lombok.

"Sebagian relawan asal Kabupaten Bandung juga turut membantu disana (Lombok) melalui organisasi masing-masing," katanya.

Selain itu, ikatan dokter Indonesia Kabupaten Bandung sudah memberikan bantuan kepada korban gempa lombok. Dan dari internal pemda sendiri, Marlan berharap dapat disalurkan di minggu depan.

Bahkan jika mendapatkan izin dari Bupati, pihaknya bisa mengirimkan petugas kesehatan yang dibutuhkan ke Lombok. Karena hingga hari ke enam gempa susulan masih sering terjadi. Sehingga bantuan tenaga kesehatan ini sangat dibutuhkan karena korban meninggal dan luka kemungkinan terus bertambah. (*)

Penulis: Mumu Mujahidin
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help