Kuliner Bandung

Nikmatnya Sajian Nasi Kuning Ikan Cakalang Khas Manado yang Memikat Selera

Menu nasi kuning cakalang di sini juga semakin nikmat dengan adanya sambal Basudara yang terasa pedas manis.

Nikmatnya Sajian Nasi Kuning Ikan Cakalang Khas Manado yang Memikat Selera
Tribun Jabar/Fasko Dehotman
Nasi Kuning Basudara 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Fasko Dehotman

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Nasi kuning merupakan penganan tradisional Indonesia yang memiliki beragam sajian di tiap daerah dengan ciri khasnya masing-masing. Termasuk nasi kuning khas Manado Sulawesi Utara.

Dari segi tampilan, nasi kuning khas Manado tidak jauh berbeda dengan yang ada di Bandung, hanya saja yang membedakannya adalah menggunakan pembungkus daun kelapa.

Tidak hanya itu, lauknya pun hanya berupa daging ikan cakalang, sambal bercita rasa pedas, dan telur rebus saja.

Nah, untuk mencicipi seperti apa kelezatannya, anda tidak mesti jauh-jauh ke Manado, karena di Bandung cukup banyak yang menyediakannya, yakni Nasi Kuning Basudara namanya

Bisnis kuliner rumahaman ini, menyediakan tiga macam nasi kuning khas Manado yang memikat selera, satu di antaranya yang direkomendasikan adalah nasi kuning ikan cakalang.

Sesui namanya, isian dari nasi kuning ikan cakalang ini terdiri dari suwiram ikan cakalang yang dipadu dengan bihun krispi, serta ditambahkan kentang balado, tempe krispi pedas manis, telur cincang, sambel Basudara, dan kerupuk gendar.

Venue Siap, 130 Atlet Akan Ikuti Cabor Paragliding Asian Games 2018

Jufri (21), Pemilik Nasi Kuning Basudara, sedang mempersiapkan bahan untuk menyajikan nasi kuning ikan cakalang.
Jufri (21), Pemilik Nasi Kuning Basudara, sedang mempersiapkan bahan untuk menyajikan nasi kuning ikan cakalang. (Tribun Jabar/Fasko Dehotman)

Ali Jufri (21), Pemilik Nasi Kuning Basudara, menuturkan, bumbu rempah yang digunakan pada sajian nasi kuning ikan cakalang terbilang cukup beragam.

Di antaranya adalah bahan santan, kunyit daun salam, cabe merah, cabe rawit, bawang merah, dan bawang putih.

"Proses memasaknya tidak berbeda dengan sajian nasi kuning lainnya, yakni dengan cara dikukus selama kurang lebih 1 jam. Biasanya kami mempersiapkan nasi kuning tersebut saat malam agar lebih praktis disajikan ketika pagi tiba," jelas Ali kepada Tribun Jabar, saat ditemui di kediamannya, Jalan Golf Barat Raya No 21, Arcamanik, Kota Bandungn Rabu (8/8/2018) siang.

Halaman
12
Penulis: Fasko dehotman
Editor: Yudha Maulana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help