Home »

Sport

Asian Games 2018

Harga Tiket Pembukaan Asian Games 2018 Dinilai Terlalu Mahal, Erick Thohir Beri Penjelasan

Cina dan Korea adalah dua negara yang menjadi tuan rumah Asian Games pada dua periode sebelumnya.

Harga Tiket Pembukaan Asian Games 2018 Dinilai Terlalu Mahal, Erick Thohir Beri Penjelasan
KOMPAS.COM / TJAHJO SASONGKO
Erick Thohir 

TRIBUNJABAR.ID, JAKARTA - Tiket pembukaan Asian Games 2018 dibanderol dengan harga Rp 750.000 sampai Rp 5 juta. Bagi sebagian orang, harga tiket ini begitu mahal dan tidak bisa dijangkau seluruh masyarakat.

Tadi malam, Rabu (1/8/2018), Najwa Shihab menanyakannya dalam acara Mata Najwa edisi 'Demi Asian Games' kepada Ketua Indonesia Asian Games 2018 Organizing Committee (INASGOC) Erick Thohir.

Erick menjawab harga tiket pembukaan di Indonesia justru lebih murah. "Kalau kita lihat perbandingan harga tiket misal opening dengan Cina dan Korea yang sebelumnya, itu harga tiket kita sepertiga," ujar Erick tadi malam.

Cina dan Korea adalah dua negara yang menjadi tuan rumah Asian Games pada dua periode sebelumnya.

Cina (Guangzhou) menjadi tuan rumah Asian Games 2010 dan Korea (Incheon) menjadi tuan rumah saat Asian Games 2014. "Di Korea terakhir itu 150 dollar sampai 800 dollar. Kita itu cuma Rp 750.000 sampai Rp 5 juta.

Di Cina lebih mahal lagi Rp 3,5 juta sampai Rp 17 juta," kata Erick. Persiapan Olimpiade 2023 Erick mengatakan ada alasan lain yang lebih penting yaitu terkait persiapan Olimpiade 2023.

Indonesia menargetkan bisa menjadi tuan rumah pada saat Olimpiade 2023. Erick mengatakan, salah satu yang akan ditinjau oleh panitia Olimpiade adalah daya beli masyarakat Indonesia.
"Kalau kita dianggap, mohon maaf, yang tidak punya daya beli, ya tidak akan dikasih kesempatan," ujar Erick.

Meski demikian pada Asian Games kali ini, INASGOC memahami daya ekonomi masyarakat Indonesia juga berbeda.

Itu sebabnya harga tiket pembukaan dibuat lebih murah daripada perhelatan Asian Games sebelumnya.

Tidak bisa dipungkiri juga, masih banyak masyarakat yang menilai harganya terlalu mahal. Untuk menyiasati itu, INASGOC bekerja sama dengan beberapa bank untuk memberikan paket-paket diskon.

Masyarakat bisa memanfaatkan program tersebut untuk mendapat tiket pembukaan dengan harga terjangkau. Tiket pertandingan terjangkau Selain itu, Erick menekankan harga tiket yang tinggi ini hanya pada pembukaan saja.

Harga tiket pertandingannya sendiri nanti dijual dengan harga yang sangat terjangkau.
"Tiket pertandingan hanya Rp 30.000 sampai Rp 480.000, Rp 600.000," kata dia. Dia mencontohkan harga tiket liga basket bahkan hanya sekitar Rp 50.000 sampai Rp 200.000.

Selain itu, INASGOC juga telah menyiapkan 25.000 tiket gratis bagi pelajar berprestasi untuk menonton pertandingan Asian Games. Erick juga berkomitmen untuk memberi akses gratis bagi penyandang disabilitas dan lansia.

Dengan ini, dia berharap masyarakat Indonesia bisa memenuhi venue-venue Asian Games nanti. Khususnya ketika tim Indonesia sedang bertanding.

Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "Kenapa Tiket Pembukaan Asian Games Begitu Mahal? Ini Penjelasan Erick Thohir..."

Editor: Yudha Maulana
Sumber: Kompas
Ikuti kami di
KOMENTAR
TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help