OPINI

Menguji Integritas Jokowi

DI tengah ingar bingar partai politik mencari sekutu untuk membentuk koalisi demi memenangkan pertarungan presiden, ada upaya pemelintiran hukum

Menguji Integritas Jokowi
DOKUMENTASI TRIBUN JABAR
Cecep Burdansyah 

Oleh CECEP BURDANSYAH

Jurnalis, Tinggal di Bandung

Jokowi sebagai kepala negara, juga sekaligus sebagai orang yang berkepentingan maju sebagai kandidat yang disebut-sebut kuat apabila berpasangan lagi dengan Jusuf Kalla, tengah diuji integritasnya sebagai pemimpin

DI tengah ingar bingar partai politik mencari sekutu untuk membentuk koalisi demi memenangkan pertarungan presiden, ada upaya pemelintiran hukum demi ambisi politik.

Tentu sangat disayangkan karena upaya pemelintiran ini justru dilakukan elite politik, yang seharusnya memberikan contoh penghormatan pada hukum.

Upaya tersebut adalah uji materi terhadap pembatasan jabatan wakil presiden dalam Undang-Undang Pemilu 2017. Dalam konstitusi Pasal 7 disebutkan: "Presiden dan Wakil Presiden memegang jabatan selama lima tahun, dan dapat dipilih kembali dalam jabatan yang sama, hanya untuk satu kali masa jabatan."

Lalu UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu menegaskan lagi aturan pembatasan tersebut sebagai syarat pencalonan capres dan cawapres.


Jelas ada kepentingan politik jangka pendek dengan uji materi UU No 7 Tahun 2017 Tentang Pemilu Pasal 169 huruf n yang mengatur masa jabatan presiden dan wakil presiden ini. Langkah ini ditempuh oleh sebuah parpol baru dan didukung oleh Wakil Presiden Jusuf Kalla, yang memang berkepentingan dengan uji materi pasal tersebut.

Pasal 7 UUD 1945 amandemen sebetulnya sangat jelas mengatur pembatasan masa jabataan presiden dan wakil presiden yang hanya dua periode, meskipun tidak mengatur soal dua kali masa jabatan itu apakah berturut-turut atau tidak.

Tongkang Pengangkut Batubara Patah Jadi Dua Dihantam Badai di Aceh

Halaman
123
Editor: Kisdiantoro
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved