Kerap Bergetar saat Dilintasi, Warga Khawatir Jembatan Maktal yang Sudah Tua Akan Ambruk

Saat melintasi jembatan ini, goncangan sangat terasa, terutama bagi warga yang saat itu melintasi menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.

Kerap Bergetar saat Dilintasi, Warga Khawatir Jembatan Maktal yang Sudah Tua Akan Ambruk
Tribun Jabar/ Hakim Baihaqi
Jembatan Maktal 

Laporan wartawan Tribun Jabar, Hakim Baihaqi

TRIBUNJABAR.ID, GARUT - Sejumlah warga di Kabupaten Garut kerap resah saat melintasi Jembatan Maktal yang berada di Jalan Rumah Sakit, Kecamatan Tarogong Kidul, Kabupaten Garut.

Jembatan yang menghubungkan Kecamatan Tarogong Kidul - Garut Kota dan jalur menuju Bandung - Garut ataupun sebaliknya, kondisinya semakin memprihatinkan serta semakin menua.

Saat melintasi jembatan ini, goncangan sangat terasa, terutama bagi warga yang saat itu melintasi menggunakan kendaraan roda empat atau lebih.


Lebih parahnya, kondisi mengkhawatirkan tersebut menjadi lebih terasa saat terjadi antrean kendaraan, karena posisi jembatan berada tak jauh dari jembatan terdapat traffic light di perempatan Maktal, Kecamatan Garut Kota.

Salaj seorang warga, Andri Gunawan (37), mengatakan, dirinya merasakan ketakutan saat melintasi jembatan tersebut pada sore dan pagi hari.

"Di dua waktu itu, lalu lintas padat dan kendaraan selalu berhenti di pas jembatan," kata Andri kepada Tribun Jabar di sekitar Jembatan Maktal, Senin (16/7/2018).

Hari Pertama Sekolah, Seorang Siswa SMA Swasta di Bandung Bersimbah Darah

Andri mengatakan, dirinya kerap memikirkan bagaimana bila saat arus lalu lintas tersebut mengalami kemacetan, khawatirnya Jembatan Maktal roboh dan memakan korban.

"Bagaimana kalau ambruk, karena setiap hari saya lihat kendaraannya banyak," katanya.

Selain pengendara, Ujang Rustandi (56), warga Kampung Maktal, Kecamatan Garut Kota, mengatakan, rumahnya dengan sungai berjarak 50 meter saja dan tanggulnya hanya beberapa meter saja karena hancur terbawa arus banjir bandang pada September 2016.

Ujang mengatakan, rumahnya yang berdekatan dengan jembatan selalu bergetar saat ada kendaraan besar yang melintasi jembatan1 tersebut.

"Kalau ada mobil besar lewat jembatan, jendela rumah bergetar," ujarnya.

Ini Prakiraan Bandung Raya Hari Ini, Tak Perlu Khawatir Hujan

Penulis: Hakim Baihaqi
Editor: Seli Andina Miranti
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2019 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved