Ratusan Ternak Sapi, Domba, dan Kambing Se-Jabar Akan Dikonteskan di Tasikmalaya pada Juli Ini

Ratusan ternak unggulan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat akan mengikuti Kontes Ternak di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya

Ratusan Ternak Sapi, Domba, dan Kambing Se-Jabar Akan Dikonteskan di Tasikmalaya pada Juli Ini
Tribunjabar/Seli Andina Miranti
Ilustrasi 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, M Syarif Abdussalam

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Sekitar 700 hewan ternak unggulan yang berasal dari berbagai daerah di Jawa Barat akan mengikuti Kontes Ternak di Lapangan Dadaha, Kota Tasikmalaya pada 18-19 Juli 2018.

Kontes ternak ini digelar untuk memperoleh bibit sapi perah, sapi potong, kambing, dan domba, terbaik di Jawa Barat.

Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Peternakan Provinsi Jawa Barat, Dewi Sartika, mengatakan kontes ini merupakan upaya pembinaan dan pemberian penghargaan kepada para peternak yang telah merawat dan menghasilkan bibit ternak terbaiknya di Jawa Barat.

Kelezatan Beef Mozarella Steak Warlaman Cafe, Memang Recommended

Nama Makan Konate Dikaitkan dengan Tiga Klub Liga 1, Salah Satunya Persib Bandung

"Hanya sedikit investor yang berminat berbisnis di bidang pembibitan karena prosesnya lama. Sedangkan pembibitan ini penting untuk pengembangan dunia peternakan. Makanya di negara lain pun, pembibitan ini jadi porsinya pemerintah. Dengan kontes ini, masyarakat dibina untuk senang dalam memelihara bibit unggulnya," kata Dewi di kantor dinasnya, Sabtu (14/7/2018).

Kontes ternak ini pun, katanya, bentuk evaluasi bagi pemerintah mengenai sejauh mana pemerintah melindungi serangkaian hal yang menentukan kualitas bibit ternak di daerahnya, mulai dari penyediaan pakan sampai perawatan.


Kontes ternak ini pun menjadi ajang eksibisi para peternak dalam memamerkan dan menjual bibitannya.

Akan digelar guga 50 gerai yang menyuguhkan produk dari berbagai daerah di Jabar dan pihak swasta dan acara talkshow untuk meningkatkan pengetahuan para peternak.

Kontes ternak ini akan dikuti 36 sapi perah, 54 sapi potong, 37 kambing, dan 172 domba garut. Akan dipanen juga 200 pedet sapi hasil inseminasi buatan, juga 200 ayam pelung dari berbagai daerah di Jawa Barat. (*)

Penulis: Muhamad Syarif Abdussalam
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help