Penjabat Gubernur Iriawan Minta Daerah Ekspor Produk IKM

Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mendorong Kabupaten dan Kota di Jabar untuk mengekspor produk IKM khususnya . . .

Penjabat Gubernur Iriawan Minta Daerah Ekspor Produk IKM
ISTIMEWA
Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan di acara Festival Keanekaragaman Makanan Berbahan Baku Lokal yang digelar di halaman Trans Studio Mall Bandung, Jumat (13/7/2018). 

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Penjabat Gubernur Jawa Barat H. Mochamad Iriawan mendorong Kabupaten dan Kota di Jabar untuk mengekspor produk Industri Kecil Menengah (IKM) khususnya penganan olahan berbahan buah dan sayur.

Iriawan mengatakan, Jabar memiliki kekayaan alam yang bisa dimanfaatkan seperti dari buah-buahan dan sayuran yang berpotensi meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Dari 27 Kabupaten, Kota memiliki keunggulan dan kekhasan masing-masing.

Ini terlihat pada festival keanekaragaman makanan berbahan baku lokal yang digelar di halaman Trans Studio Mall Bandung, Jumat (13/7/2018), yang diresmikan langsung oleh Iriawan.

Bupati Berharap Pembangunan Danau Retensi Bisa Dikebut Saat Musim Kemarau Seperti Ini

Aksi Kekerasan Terekam CCTV di Sebuah Tempat Kos, Ini Tanggapan Teman Korban

"Alam Jabar ini luar biasa suburnya dan harus dimanfaatkan dan diolah. Semangka saja kulitnya sudah bisa dimakan sekarang dan Selai berbahan terong itu sangat enak tinggal kemasannya diperbagus dan ketersediaan bahannya diperbanyak agar bisa di ekspor," kata Iriawan.

Untuk itu Iriawan meminta seluruh kepala daerah meresepon dan memaksimalkan potensi ini. Para pengusaha IKM juga harus diberikan peluang agar produknya bisa dipasarkan lebih luas.

"Kami minta Kadis Indag Jabar untuk segera menyurati Kabupaten Kota agar merespon dan memaksimalkan keunggulan yang ada serta bekerja sama dengan pengusaha ritel agar bisa dipasarkan secara nasional maupun internasional," tuturnya.


Festival olahan buah dan sayur yang digelar hingga tanggal 15 Juli 2018 ini diikuti oleh 300 peserta dari 27 Kabupaten dan Kota se-Jabar dengan produk unggulan masing-masing. Iriawan berharap, melalui diversifikasi atau penganekaragaman produk ini berdampak pada keuntungan yang meningkat bagi pelaku usaha IKM.

"Saya ingin Jawa Barat tambah maju dengan alam dan kesuburannya agar dimanfaatkan semaksimal mungkin," harapnya.

Ditempat yang sama, Penjabat Ketua Tim Penggerak PKK Jabar Novita Ariyanti Iriawan menuturkan, Jawa Barat memiliki potensi bahan baku lokal yang beragam. Tidak hanya yang berbasis tepung dan umbi-umbian, melainkan juga sayuran dan buah. Hal ini tentu harus dioptimalkan dengan meningkatkan sektor pengolahan.

Halaman
12
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help