Pemilu Legislatif 2019

Ada Tiga Golongan yang Tidak Bisa Mendaftar Jadi Bakal Caleg, Ini Penjelasan Ketua KPU Kota Tasik

Ketua Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Muttaqin mengatakan ketiganya ialah mereka yang pernah terlibat dalam . .

Ada Tiga Golongan yang Tidak Bisa Mendaftar Jadi Bakal Caleg, Ini Penjelasan Ketua KPU Kota Tasik
DOKUMENTASI TRIBUN MANADO
Ilustrasi caleg 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Isep Heri

TRIBUNJABAR.ID, TASIKMALAYA - Berdasarkan Undang-undang, semua warga negara berhak mencalonkan diri menjadi anggota legislatif, namun tahukah Anda ada tiga golongan yang haknya gugur untuk mendaftar di Pileg 2019 mendatang?

Ketua Umum Komisi Pemilihan Umum Kota Tasikmalaya, Ade Zaenul Muttaqin mengatakan ketiganya ialah mereka yang pernah terlibat dalam tindak pidana serius.

"Jika melihat PKPU 20 Tahun 2018, di pasal 7 ayat 1, sudah tentu yang tidak bisa mendaftar jadi bakal caleg yaitu mantan koruptor, pelaku kejahatan seksual kepada anak, lalu mereka mantan bandar Narkoba," jelas Ade saat dihubungi Tribun Jabar, Sabtu (14/7/2018) siang.

Berikut Nilai Ujian Menteri Susi yang Lulus Paket C, Tertinggi Mapel PKN, Terendah Mapel Ekonomi

Jangan Sembarangan Capture Percakapan di WhatsApp, Bisa Jadi Anda Masuk Penjara !

Selain ketiga tindak pidana tersebut, Ade menyebut siapa saja bisa mendaftarkan diri sebagai bakal caleg, bahkan mereka yang pernah terlibat tindak pidana ringan.

"Mereka yang pernah terlibat pidana ringan boleh mendaftar asal ada surat keterangan dari pengadilan, selain itu juga harus mengumumkan di media massa bahwa dirinya pernah melakukan tindak pidana," jelas Ade Zaenul Muttaqin.

Adapun, beberapa persyaratan administratif yang perlu dipenuhi para bakal caleg mencakup persyaratan pencalonan dan persyaratan calon.


"Persyaratan pencalonan berkaitan dengan legitimasi pendaftar dari parpol pengusung. Sementara persyaratan calon merujuk pada kelengkapan administratif macam KTP, ijazah, surat keterangan sehat jasmani, rohani, dan bebas narkoba, SKCK, serta persyaratan lainnya," tuturnya.

Di Kota Tasikmalaya, Pileg 2019 akan dilaksanakan di empat daerah pemilihan. Jumlah kursi anggota DPRD Kota Tasik yang diperebutkan mencapai 45 kursi.

KPU telah membuka pendaftaran bakal calon legislatif sejak Rabu (4/7/2018) yang lalu, dan akan berakhir pada Selasa (17/7/2018). (*)

Penulis: Isep Heri Herdiansah
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

© 2018 TRIBUNnews.com Network,a subsidiary of KG Media.
All Right Reserved