Masih Ada Perpustakaan Ngontrak, Dispusipda Jabar Dorong Pembangunan Perpustakaan di Kabupaten/Kota

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso, mengatakan masih ada daerah yang belum memiliki perpustakaan permanen.

Masih Ada Perpustakaan Ngontrak, Dispusipda Jabar Dorong Pembangunan Perpustakaan di Kabupaten/Kota
Tribun Jabar/Theofilus Richard
Penandatanganan kesepakatan kerja sama antara Dispusipda Jabar , Uninus, dan Bank Indonesia, Gedung Sate, Kamis (12/7/2018). 

Laporan Wartawan Tribun Jabar, Theofilus Richard

TRIBUNJABAR.ID, BANDUNG - Untuk meningkatkan indeks literasi di Indonesia, khususnya di Jawa Barat, fasilitas dan akses terhadap buku harus ditingkatkan.

Kepala Dinas Perpustakaan dan Arsip Daerah Jawa Barat, Taufiq Budi Santoso, mengatakan masih ada beberapa kabupaten/kota yang belum memiliki perpustakaan permanen.

Bahkan, kata Taufiq masih ada perpustakaan yang mengontrak ruko.

LIVE STREAMING Babak II Perseru Serui vs Persib Bandung, Babak I 0-0

Kekayaan Justin Bieber Makin Menggunung Tiap Tahun, Cincin Lamarannya Rp 3,5 Miliar Tak Seberapa

"Semisal di tempat saya menjabat (sebagai Pj Bupati Purwakarta) di Purwakarta, perpustakaannya masih di ruko," ujarnya ketika ditemui di Gedung Sate, Kamis (12/7/2018).

Ia mengatakan, saat ini di Purwakarta sedang berlangsung proses pembangunan perpustakaan.

"Saat ini sedang dibangun , insya allah 2018 ini selesai, dan ada beberapa kabupaten lain (membangun perpustakaan) semisal di Pangandaran," ujarnya.


Selain itu, Taufiq juga mendorong pembangunan taman baca di tingkat desa.

Ia mengatakan bahwa nantinya dana desa diperbolehkan digunakan untuk membangun Taman Baca.

"Kami sudah sepakat dari pemerintah pusat ada arahan, bahwa dana desa bisa untuk pembangunan taman baca. Syaratnya satu, harus disetujui di musyawarah desa," ujarnya.

Dalam Musrenbang Desa pada bulan Juli sampai Agustus, ia berharap desa yang belum memiliki perpustakaan atau taman baca menjadikan pembangunan taman baca dalam rencana pembangunan.

Selain itu untuk meningkatkan indeks minat baca, Dispusipda juga mendorong pembangunan perpustakaan di tempay liblik semisal terminal, mall, dan bandara.

Dispusipda juga saat ini melalukan upaya jemput bola dengan membuka lapak perpustakaan keliling di Car Free Day Dago.  (*)

Penulis: Theofilus Richard
Editor: Dedy Herdiana
Sumber: Tribun Jabar
Ikuti kami di
KOMENTAR

BERITA TERKINI

berita POPULER

TRIBUNnews.com Network © 2018
About Us
Help